FK Unair Diduga Jual Beli Kursi


Ket Foto : Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Airlangga (Unair)

SURABAYA.JB,- Dugaan jual beli kursi ditengarai terjadi di Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Airlangga (Unair). Kabarnya, butuh uang ratusan hingga miliaran rupiah untuk bisa menembus fakultas paling tenar di Unair tersebut.

Dugaan ini terlontar oleh salah satu orang tua calon mahasiswa. Indikatornya, pihak Unair dinilai tak terbuka dalam mengumumkan hasil seleksi penerimaan mahasiswa baru jalur Mandiri I. Pengumuman dilakukan via online.

Menurut salah satu sumber Beritajatim.com, dalam pengumuman seleksi Mandiri I, Rabu (25/6/2014) malam, pihak Unair ternyata tak menyantumkan nilai, serta siapa-siapa saja yang lolos. Berikut besaran nilainya.

Dugaan adanya jual beli kursi akhirnya muncul. "Kalau mereka mengatakan hasil seleksi adalah hak preogratif mereka, mengapa dibuka untuk umum. Buat apa harus diikuti orang banyak kalau itu hanya jatah-jatahan seperti yang selama ini diisukan," kritiknya.

"Yang saya tahu, anak-anak brilian dari SMA top juga tidak masuk. Ini sangat-sangat mencurigakan," lanjutnya.

Sumber yang mewanti-wanti agar namanya tak diungkapkan ini mengaku, dirinya juga mendengar isu tentang mahasiswa titipan atau harus menyetor sejumlah uang untuk masuk ke FK Unair. "Praktek ini tak bisa dibiarkan terus menerus. Terutama di kedokteran yang menyangkut nyawa orang," katanya.

Dalam proses penerimaan mahasiswa baru, Unair membuka tiga jalur, yakni Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). dan Mandiri. Komposisinya, 50 persen SNMPTN, 30 persen SBMPTN dan 20 persen Mandiri. Khusus Fakultas Kedokteran, daya tampung untuk tahun 2014 sebanyak 210. [sya/af]

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Design by Free WordPress Themes | Re Design by Raditya Designer Art - Jasa Buat Website