Polda Kaltim Sosialisasikan Penggunaan E-KTA Elektronik

Ket Foto : Tampak Kapolda kaltim Kapolda kaltim Irjen Pol.Dicky A Antotoy Membacakan Sambutannya Dalam Acara Sosialisasi E KTA Elektronik Yang Dilaksanakan Polda Kalimantan Timur

BALIKPAPAN.JB,--Polda Kalimantan Timur ( kaltim) menyosialisasikan penggunaan kartu tanda anggota elektronik sebagai tindak lanjut dari Keputusan Kapolri Nomor 9 2014 tentang Penerbitan dan Penggunaan Kartu Tanda Anggota Elektronik di lingkungan Polri.

"Berdasarkan Keputusan Kapolri itu seluruh anggota Polda Kaltim akan menggunakan E-KTA yang mempunyai sistem yang lebih baik bila dibandingkan KTA sebelumnya," kata Kapolda kaltim Irjen Pol.Dicky A Antotoy, Jumat (15 Agustus 2104) Bertempat di Ball Room Hotel Novotel.

Dia mengatakan, sosialisasi E-KTA tersebut dilaksanakan bekerja sama dengan Bank Rakyat Indonesia dan Polda kalimantan Timur. Sosialisai E-KTA itu dihadiri ,Karo As SDM Irjen Pol Drs.Mustafa Hadi Kuncoro Beserta seluruh pejabat utama Polda kaltim dan anggota Polres Polda kaltim khususnya bendahara di masing masing satker Polda.

Dia menyebut, sesuai dengan Keputusan Kapolri itu E-KTA akan menyimpan dan memuat identitas pegawai negeri Polri dan data lainnya seperti data riwayat hidup, riwayat jabatan dan lain-lain.

"E-KTA ini dibuat guna terwujudnya tertib administrasi personel Polri serta memberikan kemudahan dan pelayanan bagi pegawai negeri di Polri."

Dia berharap, ke depannya kartu yang menggunakan chip itu juga akan dilengkapi dengan data sidik jari. Bagi Polri, kartu tersebut juga juga meliputi nomor registrasi senjata.

Selain itu, E-KTA juga akan memuat kekayaan anggota termasuk nomor Buku Pemilik Kendaraan Bermotor atau nomor sertifikat rumah, bagi anggota yang sudah memiliki tempat tinggal. Kartu ini juga bisa dimanfaatkan untuk transaksi perbankan seperti mengirim gaji anggota dan membayar pajak.

"KTA Polri yang lama hanya terbuat dari selembar kertas dan dilaminating, mirip kartu pelajar anak sekolah. Sedangkan E-KTA menggunakan cip dan lebih menarik dilihat dari bentuk fisiknya serta memiliki fungsi yang jauh berbeda dengan KTA sebelumnya.

Terpisah Karo As SDM Irjen Pol Drs.Mustafa Hadi Kuncoro, mengatakan sosialisasi e-KTA tersebut penting dilakukan. Apalagi e-KTA banyak manfaat dan kemudahannya bagi anggota Polda Kaltim.

"e-KTA ini sebagai pengganti KTA yang dulu. Banyak manfaat dan kemudahannya. Mulai dari administrasi anggota, keuangan hingga pembayaran dan lain sebagainya. Karenanya sosialisasi ini sangat penting dilakukan. e-KTA juga salah satu program kapolri yang kita kenal program RHPP," ungkap Karo As SDM Irjen Pol Drs.Mustafa Hadi Kuncoro.( laporan Andi fathir )

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Design by Free WordPress Themes | Re Design by Raditya Designer Art - Jasa Buat Website