Angkat Segera Pekerja Outsourcing BUMN Menjadi Pekerja tetap BUMN


Ilustrasi
Jakarta, JB- Sesuai dengan kesepakatan Rapat Dengar Pendapat (RDP) atau Rapat Dengar Pendapat Umum (RDPU) Komisi IX DPR RI dengan Satgas Outsourcing BUMN, Direktur Utama Perusahaan-Perusahaan BUMN, dan Geber BUMN. Dalam Rapat tersebut diundang pula Jaksa Muda Perdata dan Tata Usaha Negara (JAMDATUN) dan Jaksa Muda Pidana Khusus (JAMPIDSUS). Salah satu point dalam kesimpulan rapat itu, proses perubahan status hubungan kerja dari outsourcing menjadi pekerja tetap di masing-masing perusahaan BUMN dilakukan tanpa seleksi dan pengangkatan tersebut dimulai paling lambat pada tanggal 15 September 2014 sampai dengan tanggal 30 September 2014.

Namun faktanya, Direksi-Direksi BUMN tersebut tidak menjalankan hasil rapat tersebut. Dimana hingga sekarang tidak ada satupun pekerja outsourcing di perusahaan-perusahaan BUMN diangkat menjadi pekerja tetap di perusahaan-perusahaan BUMN. Ketidakpatuhan dan ketidakpedulian Direksi-Direksi Perusahaan BUMN, ini disebabkan karena adanya pembiaran oleh Kementerian BUMN. Negara selaku pemegang kuasa dari kepemilikan saham mayoritas di Perusahaan BUMN, ironinya masih saja tidak mendesak untuk diambilnya kebijakan dan sanksi yang tegas kepada Direksi-Direksi yang tidak patuh akan Peraturan Perundang-Undangan.

Melihat kondisi di atas, maka Geber BUMN akan melakukan pengawalan dan desakan kepada Menteri Negara BUMN untuk segera mengangkat pekerja outsourcing Perusahaan BUMN menjadi Pekerja Tetap tanpa syarat di Perusahaan BUMN sesuai dengan Rekomendasi Panja Outsourcing BUMN Komisi IX DPR RI dan menjalankan Frase “Demi Hukum’ Pasal 59 (7), Pasal 65 (8), dan Pasal 66 (4) UU Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan.

Geber BUMN akan melakukan aksi secara serentak di berbagai provinsi di seluruh Indonesia. Aksi ini sebagai bentuk pengawalan dan mendorong keseriusan bagi pemerintah agar benar-benar menjalankan tugasnya dan amanat Undang-Undang. Aksi akan ditujukan ke seluruh kantor-kantor Gubernur dan Dinas-Dinas Ketenagkerjaan setempat. Untuk di Jakarta aksi unjuk rasa akan dilakukan pada Rabu, 15 Oktober 2014, aksi PENDUDUKAN akan ditunjukan ke Kementerian BUMN. Aksi dimulai pada Pukul 10.00 WIB, dengan titik kumpul di Monumen Nasional dengan jumlah massa +/- 2.000 orang dari seluruh wilayah Jabodetabek. Geber BUMN mendesak kepada Menteri Negara BUMN untuk SEGERA:
1.      Mengangkat pekerja outsourcing Perusahaan BUMN menjadi pekerja tetap Perusahaan BUMN tanpa syarat;
2.      Mendesak Penghapusan Sistem Outsourcing di Perusahaan-Perusahaan BUMN;
3.      Mempekerjakan kembali, buruh-buruh outsourcing BUMN yang di PHK sepihak serta membayarkan hak-hak normatifnya.

Apabila Menteri Negara BUMN dan Direksi-Direksi Perusahaan BUMN tetap tidak mengangkat pekerja outsourcing BUMN menjadi Pekerja tetap Perusahaan BUMN tanpa syarat, maka tidak menutup kemungkinan buruh-buruh Outsourcing BUMN akan melakukan aksi-aksi strategis di berbagai daerah, karena Negara tidak memperhatikan nasib buruh outsourcing di perusahaan-perusahaan BUMN. (realess Geber BMUN)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Design by Free WordPress Themes | Re Design by Raditya Designer Art - Jasa Buat Website