Imajinasi dan Kejujuran Adalah Kunci Keberhasilan

Sastra Inggris adalah ilmu yang luas. Tidak hanya mengajarkan Bahasa Inggris secara baik dan benar, Ilmu ini juga membentuk mahasiswa memiliki pengetahuan budaya internasional secara luas dan membentuk kepribadian lebih baik.

 
Bapak Sumardjo, Dekan Fakultas Sastra Universitas Balikpapan

Balikpapan, JB- Bagi sebagian masyarakat, Sastra Inggris dinilai ilmu yang mengajarkan berbahasa Inggris, tak menjajikan hal lain untuk digunakan dalam dunia pekerjaan nantinya.

Pendapat ini diluruskan oleh Dekan Fakultas Sastra Inggris Universitas Balikpapan, Bapak Sumardjo. Bahwasannya Sastra Inggris adalah ilmu universal. Ia menyatakan sesungguhnya dalam Sastra Inggris banyak sekali ilmu yang dapat digunakan dalam dunia pekerjaan. Salah satu ilmu paling penting menurut ia adalah komunikasi.

Permasalahan bagi masyarakat Indonesia sejauh ini adalah kesalah pahaman terhadap bahasa. Ia menjelaskan, dengan Bahasa Inggris kita mampu berinteraksi secara baik dengan masyarakat universal. Ia mengatakan bahwa kita tak mampu membohongi diri, Indonesia telah menjadi satu bagian masyarakat dunia.

Dosen yang mendapat gelar Master di Universitas Gajah Mada Yogyakarta, menjabarkan pentingnya unsur kreatifitas dan kejujuran dalam kehidupan.

"Sastra Inggris pada dasarnya membentuk kepribadian yang baik dengan kreatifitas dan kejujuran. Kemudian mengajarkan menggunakan logika, perasaan, sensasi dan intelektual serta menggunakan intuisi.” Ujar Bapak Sumarjo.

Ditemui di gedung Fakultas Sastra Inggris UNIBA, ia menjelaskan bahwa Fakultas Sastra sendiri telah melahirkan alumni yang berkualitas dan berprestasi.

“Kami terus megajarkan kepada mahasiswa kami untuk tetap memegang teguh prinsip-prinsip itu. Kami juga menstimulan kreatifitas mereka untuk selalu menjadi lebih baik. Karena lewat kreatifitas itu, hal yang tidak mungkin, (impossible) menjadi mungkin (possible). Melalui kreatifitas jua manusia mampu seperti saat ini”.

“Dengan sistem yang tepat tentu para mahasiswa kita akan menjadi manusia yang lebih baik serta mampu melakukan yang terbaik dalam dunia pekerjaan dan mampu memberikan sumbangsih kepada masyarakat”.

“Tentu saja, kita akan terus melahirkan sastrawan muda yang lebih baik. Tak hanya mengajarkan kami juga tetap mengembangkan potensi para mahasiswa dengan mengikutsertakan mereka dalam lomba-lomba dalam bidang akademik. 

Contoh saja mahasiswa kami baru-baru ini mewakili lomba debat Bahasa Inggris pada tingkat Nasional dan tiap tahunnya kami akan berusaha mengirimkan perwakilan dengan sistem regenerasi untuk tim debat itu.” Pungkas Bapak Sumardjo.(RA)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Design by Free WordPress Themes | Re Design by Raditya Designer Art - Jasa Buat Website