Kurikulum Baru, Murid Sulit Beradaptasi

Kurikulum pendidikan tahun 2013 yang baru diterapkan pada tahun ajaran 2014/2015 dinilai tidak mudah untuk diterapkan.

Kepala Sekolah SMPN 7 Balikpapan, Drs. Nanang Hariyanto, M.Pd
Balikpapan, JB- Penetapan Kementrian Pendidikan mengenai Kurikulum 2013 yang harus segera diterapkan di tahun 2014/2015 membuat sebagian pendidik resah apabila sistem ini tak dapat dijalankan dengan baik oleh para murid.

Sistem yang merunut berdasarkan indeks penilaian komulatif, mengharuskan para siswa untuk aktif berdiskusi dan bertanya kepada guru maupun teman lainnya dalam kelas.

Hal inilah, diresahkan Kepala Sekolah SMP Negeri 7 Balikpapan, Drs. Nanang Hariyanto, M.Pd. Menurut ia, anak-anak pada awal masuk bangku sekolah terbiasa mendengarkan guru menerangkan kemudian baru mempelajari. Sedangkan sistem saat ini mengharuskan siswa untuk mempelajari terlebih dahulu materi pembelajaran baru menanyakan dan mendiskusikan pelajaran tersebut.

"Sebenarnya, kurikulum yang diterapkan saat ini bertujuan positif. Namun, perlu dipahami bahwa sesungguhnya anak-anak butuh proses untuk mengikuti sistem ini".

"Sistem ini kan sebenarnya menstimulan anak untuk menjadi pembicara dan pemikir yang jauh lebih maju. Perlu dipahami tidak semua murid dapat menerima sistem yang berlaku saat ini. Tentu saja jika menginginkan hasil baik tidak dapat instan".Pungkas ia.(RA)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Design by Free WordPress Themes | Re Design by Raditya Designer Art - Jasa Buat Website