PDAM Balikpapan Belum Mampu Layani Pelanggan Saat Kemarau

Pelanggan PDAM Kota Balikpapan mencapai 80.000 saat kemarau jumlah ini tidak dapat terlayani dengan maksimal.

Humas PDAM Balikpapan, Gazali Rahman (foto: dok)
Balikpapan.JB- Sudah sebulan lebih pelanggan PDAM Kota Balikpapan mengalami krisis air bersih, ini dampak dari kemarau melanda Kota Balikpapan. Kondisi ini memaksa pihak PDAM Balikpapan melakukan suplay secara bergiliran.

Bahkan, masyarakat Balikpapan harus rela membeli air tidak layak komsumsi dari berbagai jasa jual air di Balikpapan. Biasanya masyarakat membeli air pertandonnya seharga Rp.150.000,- dengan kapasitas 1.000 liter, dapat diasumsikan harga air Rp.1.500/liternya.  Saat ini masyarakat rela mengocek kantongnya hingga tiga kali lipat dari harga normal.

Tidak hanya sampai disitu masyarakat harus rela antri hingga empat hari untuk mendapatkan air di salah satu jasa penjual air. 

Seorang Penjual Jasa Air Agus mengatakan, pihaknya harus antri untuk mendapatkan air pada pelanggannya. Bahkan, pihaknya melayani air hingga malam hari, tehnik penjualannyapun hanya dari mulut ke mulut pelanggannya selama ini. 

Kondisi ini juga menggeliti Walikota Balikpapan Rizal Effendi, usai peringatan Sumpah Pemuda Selasa (28/10/2014) di ruang Rapat I Pemkot Balikpapan, untuk mendorong KNPI Balikpapan melaksanakan seminar krisis air di Balikpapan. Upaya ini dilakukan agar muncul ide-ide cemerlang mengatasi air khususnya saat musim kemarau seperti saat ini.

Sekedar diketahui, PDAM Balikpapan hanya mengandal waduk Manggar sebagai penampungan tadah air bersih kemudian disuplai ke pelanggan. Saat ini Waduk Manggar terus mengalami penurunan kaspasitas hingga tidak dapat melayani secara maksimal. 

Hingga berita ini diturunkan pihak PDAM Balikpapan belum memberikan komentar mengenai hal ini.  Saat jurnalbalikpapan meminta keterangan Kamis, 30/10/2014 pihak Humas PDAM Balikpapan tidak ada di Kantor. (RA)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Design by Free WordPress Themes | Re Design by Raditya Designer Art - Jasa Buat Website