Fachruddin: UAN Sistem CBT Mulai Diterapkan Tahun Ini

Ujian Nasional (UN) berbasis computer atau based computer based tes (CBT) akan mulai dirintis tahun ini.

Fachruddin Kepala Disdik Balikpapan (poto: yani)
Balikpapan.JB News- Di Balikpapan, terdapat tiga sekolah negeri dan dua sekolah swasta akan menjadi pilot preject UN CBT. Yakni, SMAN I, SMAN 2, SMAN 5, SMA Patra Dharma dan SMA 2 Muhammadiyah.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Balikpapan Fachruddin didampingi Sekretaris Disdik Balikpapan Purnomo mengatakan, sekolah akan menjadi pilot project UN sistem computer based test telah menyatakan kesiapannya. Baik dari segi infrastruktur maupun kesiapan siswa akan UN.

“Sistem UN berbasis online itu secara pelan-pelan dilakukan kesemua sekolah. Meski saat ini baru dapat dilakukan pada sekolah tingkat atas,” ungkap Fachruddin.

Senada dikatakan Sekretaris Disdik Balikpapan Purnomo, beberapa sekolah akan mengikuti UN sistem CBT saat ini terus melakukan try out agar siswa memahami saat ujian nanti.

“Dalam pengerjaan soal nantinya masing-masing siswa akan dilengkapi computer atau laptop sat UN berlangsung. Sehari akan diujikan satu mata pelajaran,” jelas Purnomo.

Adapun UN tingkat SMA sederajat direncanakan pada Mei 2015 telah ditetapkan oleh pemerintah dan Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan pada periode tahun ajaran dan kalender pendidikan 2014-2015 ini.

Telah tercantum dan juga tertuang dalam prosedur operasional standar (POS) yang dikeluarkan oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP).


Sekedar diktehui, UN berbasis computer based test (CBT) akan diikuti sebanyak 724 sekolah yang tersebar di 129 kabupate/ kota pada 27 provinsi sedang diverifiksi. Mulai pengecekan infrastruktur yang tersedia dan kesediaan sekolah melaksanakan CBT adalah sekolah yang bersedian memiliki infrastruktur memadai.(ay)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Design by Free WordPress Themes | Re Design by Raditya Designer Art - Jasa Buat Website