Jasa Raharja Kaltim Bayarkan Rp 100 Miliar Lebih

Adu debat Mahasiswa sejumlah perguruan tinggi se Balikpapan, dengan tema Sinergi Untuk Peningkatan Pelayanan Kepada Masyarakat Korban Kecelakaan Lalu Lintas cukup memukau hadirin dalam acara Dialog Publik yang digelar Jasa Raharja Kaltim.

Dialog Publik Jasa Raharja, Kaltim (poto:dok)
BALIKPAPAN.JB News-Acara yang merupakan agenda tahunan itu dihadiri langsung Kepala Cabang PT Jasa Raharja (persero) Kalimantan Timur, Eri Martajaya, Direktur Lalu Lintas Polda Kaltim, Kepala Dinas Perhubungan Kota Balikpapan, Pengamat Transportasi serta Ketua DPC Organda Kota Balikpapan. Dimana mereka sekaligus sebagai nara sumber dari acara tersebut, di ruang Ballroom Gedung BI (21/5/2015).
 
Menurut Eri Martajaya dilaksanakannya dialog ini adalah merupakan salah satu program kerja Jasa Raharja dalam rangka memberikan kontribusi terhadap pencegahan kecelakaan lalu lintas jalan.

“Mengoptimalkan peran Jasa Raharja dalam rangka mendukung kegiatan pencegahan dan penanggulangan kecelakaan serta menurunkan tingkat fatalitas korban kecelakaan,” ungkap Eri.

“Diharapkan masyarakat mengetahui eksistensi Jasa Raharja selain perlindungan dasar kepada korban kecelakaan lalu lintas sesuai UU No.33 dan 34 tahun 1964 jo Peraturan Pemerintah No.17 & 18 Tahun 1965 juga berperan serta dalam upaya pencegahan kecelakaan lalu lintas,” tambahnya.

Dialog yang melibatkan peran Mahasiswa perguruan tinggi di Balikpapan diantaranya dari Universitas Balikpapan, STT Migas, STIE Madani, STAI, ABA dan LP3I Balikpapan. Kurang lebih 200 orang hadir ditambah dari elemen komunitas masyarakat lainnya antusias mengikuti acara sampai selesai.

Jasa Raharja sebagai pengelola dan pelaksana program asuransi sosial sampai saat ini telah berperan aktif dalam memberikan perlindungan terhadap masyarakat pada saat bepergian menggunakan alat angkutan umum baik di darat, laut, sungai dan udara.

Dimana perlindungan ini diberikan berupa santunan kepada masyarakat yang menjadi korban kecelakaan lalu lintas jalan, misalnya pejalan kaki yang tertabrak kendaraan bermotor atau korban tabrakan yang melibatkan dua kendaraan bermotor atau lebih.

Pada kurun waktu lima tahun terakhir Jasa Raharja Kaltim telah menyalurkan santunan kepada korban kecelakaan lalu lintas. Tahun 2010 senilai Rp 22,52 Miliar, Tahun 2011 senilai Rp 22,20 M, Tahun 2012 senilai Rp 19,55 Miliar, Tahun 2013 senilai Rp 17,57 Miliar, Tahun 2014 senilai Rp 15,62 M dan untuk Tahun 2015 sampai dengan Maret telah tersalurkan senilai Rp 3,04 Miliar. Sehingga Jasa Raharja secara keseluruhan telah memberikan santunan sejumlah Rp 100,53 Miliar.

Lebih jauh Eri mengatakan sesuai dengan SK Kementerian santunan yang diberikan senilai Rp 25 juta untuk korban kecelakaan yang meninggal. Sedangkan korban luka ringan dibayar maksimal Rp 10 juta. “Kalau menyebabkan cacat tetap, juga dibayar Rp 25 juta,” pungkas Eri tandas. (dr)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Design by Free WordPress Themes | Re Design by Raditya Designer Art - Jasa Buat Website