PDAM Balikpapan, Gerakan Hemat Air

Dalam peningkatan pelayanan pada pelanggan PDAM Balikpapan terus melalukan beberapa tips. Termasuk peran pelanggan dalam penghematan air atau “Water Saving Tips  

Khoirul Roziq Bagian Hubungan Pelanggan Kasubag Customer Service   PDAM Balikpapan (poto:yani)
Keberadaan PDAM Balikpapan sebagai penyedia air bersih sangat vital bagi masyarakat Balikpapan. Air bersih sebagai kebutuhan penting dalam kehidupan masyarakat Balikpapan diperlukan perhatian serius. Tidak hanya pihak PDAM sebagai regulator, keikutsertaan pelanggan dalam menjaga akan kebutuhan air sangatlah mempengaruhi persediaan air baku.

Bagian Hubungan Pelanggan Kasubag Customer Service  Khoirul Roziq PDAM Balikpapan mengatakan, pihaknya terus melakukan berbagai pembenahan. Baik, dari sumber daya manusia (SDM) termasuk peningkatan pelayanan serta keikutsertaan peran pelanggan dalam menjaga kesediaan air baku. 

Termasuk pemanfaatan air sebaik mungkin, setiap pelanggan mampu melakukan upaya penghematan air. Dikarenakan, keterbatasan persediaan air baku, khususnya memasuki musim kemarau. 

Maka setiap pelanggan diperlukan pemanfaatan air sehemat mungkin, baik bagi PDAM termasuk efesiensi tagihan setiap pelanggan. Oleh karenanya, diperlukan “Water Saving TIPS” pertanda pelanggan telah melakukan peran serta dalam upaya penghematan air. 

Bagian Hubungan Pelanggan Kasubag Customer Service  Khoirul Roziq PDAM Balikpapan menyampaikan tips hemat air sebagai berikut:
1.      Matikan kran ketika menggosok gigi, bercukur atau mencuci muka. Anda dapat membuang lebih dari 9 liter air permenit hanya dengan membiarkan kran air terbuka.
2.      Mandi dengan menggunakan shower akan jauh lebih hemat daripada mandi dengan menggunakan gayung.
3.      Mencuci piring dan sayuran langsung dari kran bias 15 kali lebih boros air, dibandingkan bila ditampung terlebih dahulu.
4.      Membersihkan kendaraan dengan menggunakan lap dan ember, tidak menggunakan air langsung dari selang.
5.      Perbaiki kran atau pipa air yang bocor sesegera mungkin atau hubungi teknisi PDAM terdekat untuk melakukan perbaikan.
6.      Air limpah yang tidak terlalu kotor, masih dapat dipakai untuk menyiram tanaman di kebun.
7.      Mandi berendam paling boros menggunakan air, usahakan mandi dengan shower atau pancuran dan tidak berendam.
8.      Upayakan membuat sumur resapan dan tidak menghabiskan semua lahan dengan semen agar air hujan dapat meresap dan sumber air anda tetap berlimpah selama musim kemarau. 

Beberapa tips cara menghemat air ini dapat membantu keberlangsungan bersama dalam pemanfaatan air demi anak cucu kita mendatang. 

Himbauan Bagian Hubungan Pelanggan Kasubag Customer Service  Khoirul Roziq PDAM Balikpapan ini, sebagai bagian peran PDAM dalam menjaga hubungan baik terhadap pelanggan. Juga menjadi perlakuan kita sehari-hari, dalam keluarga dan tetangga kita. 

Penghematan kita lakukan dalam kehidupan keluarga, sebagai bentuk kepedulian kita bersama, dalam menjaga alam dan kehidupan bersama yang erat kaitannya dengan air kita manfaatkan.(adv)   
     

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Design by Free WordPress Themes | Re Design by Raditya Designer Art - Jasa Buat Website