Generasi Alay Generasi Lalai Syariat

Internet membawa banyak kemudahan bagi kehidupan manusia, namun, psikiater dari rumah sakit priory, roehampton , natasha biljani, mengemukakan resiko yang ditawarkan internet terhadap kesehatan mental generasi muda . menurutnya , internet membawa fenomena penindasan dan keterbukaan seksual yang berdampak negatif. KOMPAS.com.
Saat ini foto mesra remaja yang tengah dilanda kasmaran dengan sang pacar juga banyak beredar di media sosial.seakan para remaja berlomba-lomba menjadi pasangan paling “romantis” di media sosial.

fenomena generasi alay/lebay semakin tak terkendali. Yang terbaru muncul pegasus geng. Yang banyak memasang foto sedang sholat dalam keadaan tidak menutup aurat. Juga adanya trend mencium ketek pacar dan di foto adalah sebuah trend aneh yang katanya sebagai bukti kesetiaan ala indonesia, liputan.com
Mungkin menggelitik tapi sebenarnya bikin miris Kerusakan remaja ini adalah tren global yang diaruskan untuk menjauhkan generasi muslim dari identitasnya. Juga mengalihkan remaja dari membekali diri dengan ilmu dan keunggulan masa depan, sayangnya negara saat ini abai.
Pada perkembangan remaja tentulah di situ sedang masa-masanya pencarian jati diri, ingin mencari sebuah kebenaran, sebuah pengalaman, besarnya rasa penasaran , awal pembentukan kepribadian dan tentunya masih dalam keadaan labil. Disinilah masa-masa transisi menuju dewasa dan faktor lingkungan sangat mempengaruhi sekali pembentukan awal kepribadian remaja setelah keluarga, sehingga saat ini remaja menjadi sasaran empuk/pasar besar industri gadget tahun 2014 lalu hampir 300 anak di london pada rentang usia tersebut divonis depresi berat. Angka ini naik 100 persen dari tahun 2010. Penyebabnya, kata biljani seperti yang telah di kutip dari tekno.kompas.com
Perkembangan teknologi telah membawa banyak perubahan pada gaya hidup anak muda yang lahir di tahun 1980-an hingga 2000-an, yang biasa disebut generasi milenia atau generasi digital native. Mereka tumbuh dalam lingkungan serba digital.
Berkat internet, mereka dapat menjalankan berbagai aktivitas menjadi lebih mudah. Generasi millenia menemukan caranya sendiri untuk terhubung dan terkoneksi dengan orang lain lewat media sosial media, seperti twitter, facebook, dan path. Tak ada lagi jarak, semua saling terkoneksi. Mereka mengubah tatanan nilai dan gaya hidup selama ini menjadi serba digital.
Adaptasi digital yang tinggi ini telah membawa perubahan gaya hidup digital dalam melaksanakan rutinitas sehari-hari, dari cara berkomunikasi, interaksi melalui jaringan sosial, transaksi pembayaran hingga belanja kebutuhan sehari-hari.
Sebagaimana namanya, sistem kapitalisme menjadikan modal/materi sebagai asas dalam mengembangkan perekonomian. Oleh karena itu, dalam memandang sebuah generasi pun tak bisa dilepaskan dari kacamata modal/materi.
Sistem kapitalisme memang terbiasa menerjemahkan pemberdayaan kaum muda hanya semata dari potensi pemuda usia produktif bisa memberikan keuntungan bagi pembangunan ekonomi. Sistem kapitalisme tak mampu melihat hubungan kemanusiaan yang kuat, luhur, berkelanjutan sekaligus sangat strategis antara kualitas generasi dengan terwujudnya peradaban manusi yang luhur.
Dalam sudut pandang Islam, pemuda tidak hanya dipandang sebagai mesin produksi yang  memberikan keuntungan dalam pertumbuan dalam ekonomi semata. Lebih dari itu, sistem Islam memandang bahwa pemuda adalah pelaku utama dalam perubahan yang memberikan dampak besar dalam pembangunan peradaban manusia. sejarah mencatat, perubahan masyarakat jazirah arab dari kondisi jahiliyah menuju cahaya peradaban islam di pelopori oleh Rasulullah dan para Sahabat yang sebagian besar adalah pemuda. Para pemuda inilah yang dikemudian hari memegang tongkat estafett peradaban. Sehingga potensi pemuda seharusnya diarahkan kepada bagaimana membangun peradaban yang mulia. #peradaban yang tidak hanya dinilai dari perkembangan materi, namun juga pada kemuliaan manusia sebagai makhluk ciptaan Allah SWT.
            Oleh karna itu generasi millenial dengan segala kelebihannya hendaknya di arahkan pada arus perubahan hakiki mewujudkan #Islam sebagai Rahmatan lil ‘alamin. Mereka harus jadi pelopor perubahan sistem kapitalisme yang rusak ini menuju sistem Islam dalam naungan #Khilafah Islamiyah.(*)
Penulis: Sitti Radima Tsulmah

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Design by Free WordPress Themes | Re Design by Raditya Designer Art - Jasa Buat Website