Munas V Pemuda Tani (HKTI) Indonesia Sukses Dilaksanakan

Ir. Fari DJ Francis terpilih secara aklamasi di Munas (Musyawarah Nasional) V Pemuda Tani (HKTI) Indonesia, Sabtu, 7 April 2016, di Hotel Kartika Chandra, Jakarta.

Jakarta.JB- Periode sebelumnya, Fari DJ Francis selaku sekjend Pemuda Tani (HKTI) mendampingi Supriyatno selaku Ketua Pemuda Tani (HKTI) Indonesia. Tongkat estafet ini dipegang Fari Francis, sebagai momentum penting dalam keberlangsungan pemuda tani dan petani seluruh Indonesia.
Selama lima tahun periode Supriyatno sebagai Ketua, didampingi Fari telah memiliki pengalaman dalam menjalankan roda organisasi.
Dalam sambutanya, tantangan pemuda tani dan petani kedepan semakin berat. Keberadaan pemuda tani ditengah masyarakat, sangat diperlukan. Tidak hanya, memainkan peran organisasi saja melainkan, memberi manfaat kepada petani. Seperti, bertani dengan berdaya saing, memanfaatkan tehnologi, menciptakan peluang pangsa pasar untuk hasil para petani, ungkap Fari.
Ir. Fari DJ Francis, MM (tengah)
Dalam arahan disampaikan di depan peserta Munas diikuti pengurus DPD Provinsi itu, dapat mempertajam gerakan pemuda tani dalam masyarakat. Peluang petani saat ini sangat besar, dengan adanya UU desa telah disahkan merupakan peluang bagi petani dalam peningkatan kesejahteraan.
“Dengan UU Desa itu dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kesejahteraan petani di daerah-daerh. Lahan pertanian semakin kurang akibat adanya bergeseran nilai dalam kehidupan masyarakat. Pertanian tidak dapat dikesampingkan bahkan pertanian merupakan kedaulatan dan harga mati bagi bangsa ini,” tegas Fari juga selaku Ketua Komisi V DPR RI.
Salah satu program akan dicanangkan Fari, dalam mensinergikan petani diperlukan hubungan kelembagaan yang baik. Antar pengurus Pemuda Tani dan antar Lembaga lainnya sangat dibutuhkan keberadaannya dalam mendukung kemajuan pertanian dimasa mendatang.
Di mengatakan, hampir semua produk pertanian masuk ke negara kita saat ini merupakan produk pertanian dari negara luar. Sangat disesalkan bilamana bangsa ini tidak dapat bangkit dalam sektor pertanian. Padahal bangsa ini besar dikarenakan pertanian yang tumbuh pesat saat itu.
Peranan pemuda dalam pertanian sangat diharapkan, pendampingan bagi petani-petani lokal sangat mempengaruhi sektor pertanian. Hasil pertanian kita tidak dapat disepelehkan, sehingga, kemajuan sektor pertanian bangsa ini dapat tumbuh kembali.
Untuk diketahui, dalam Munas V Pemuda Tani (HKTI) Indonesia kali ini juga digelar Seminar Nasional dihadiri para mahasiswa dari berbagai Peruguruan Tinggi di Jakarta,  diantaranya, Universitas Muhammadiyah, UI.(red)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Design by Free WordPress Themes | Re Design by Raditya Designer Art - Jasa Buat Website