Bencana Datang Lagi, Dimana Pemerintah Dalam Mencegah

Musibah berupa bencana alam yang melanda sejumlah wilayah di Indonesia, setiap musim hujan yang terjadi dalam jangka waktu yang cukup lama, seringkali menimbulkan tanah longsor dan banjir, seperti yang terjadi di jawa tengah yang baru-baru ini dan menelan korban jiwa srta banyaknya bangunan yang rusak akibat diterjang tanah longsor, diantaranya 24 tewas dan 26 lainnya dinyatakan hilang seperti yang telah dilansir beberapa pemberitaan dimedia massa.

Mengapa musibah yang sama selalu saja datang seolah menjadi agenda rutin setiap kali musim hujan, yang mana setiap kali bencana datang banyak memakan korban jiwa dimana tindakan pengantisipasian dari pemerintah daerah maupun pusat masih kurang optimal sehingga musibah yang sama terus berulang, yang dapat dilihat secara nyata adalah setiap musibah yang terjadi warga sekitar yang turun tangan langsung dengan menggunakan alat seadanya untuk menanggulangi bencana yang terjadi. Seperti yang terjadi bencana dijawa tengah masyarakat dan sukarelawan yang menyelamatkan para korban malah ikut terjebak didalam longsor sehingga makin menambah korban jiwa.
Medan yang sulit untuk dilalui membuat bantuan tertahan sehingga proses penyelamatan pun sulit untuk dijangkau alat-alat berat. Musibah ini adalah bagian dari qodho (ketetapan) dari Allah SWT, termasuk banjir dan tanah longsor. Seperti firman Allah SWT : “ Katakanlah sekali-kali tidak akan menimpa kami melainkan apa yang telah di tetapkan Allah untuk kami. Dialah pelindung kami dan hanya kepada Allah orang beriman harus bertawakal.( TQS : At Taubah : 51).
Disisi lain musibah itu juga terjadi karena campur tangan manusia itu sendiri yang merusaknya dengan penebangan hutan secara liar, hutan menjadi gundul, penyerapan air hujan berkurang dan tanah menjadi labil.
Yang menjadi pertanyaan bagai pemerintah bisa tanggap secara cepat dan mengantisipasi agar bencana maupun musibah tidak  terjadi dan berulang. Semua instansi yang berada di Negara ini wajib bekerja sama dalam menanggulangi segala bentuk permasalahn yang terjadi dinegeri ini, meriayah rakyat secara menyeluruh sehinga semua aspek kehidupan terpenuhi, saling bekerja sama antara pemerintah dan rakyat dalam menjaga keberlangsungan hidup alam, yang mana bila kita menjaga alam maka alam pun akan menjaga kita bahkan akan memberikan hasil yang bermanfaat bagi umat.
Saling mengingatkan bahwa alam dan isinya adalah Ciptaan Allah SWT maka sudah seharusnya kita tunduk patuh atas segala aturan Allah, kita adalah manusia sebagai hamba yang lemah dan terbatas, menerapkan hokum-hukum Allah bukan hanya mendatangnya kesejahtraan bagi manusia tetapi bagi seluruh alam, maka dengan begitu akan terwujud islam rahmatan Lil’Alamin.(*)
Penulis : Ibu Kamsiatun  IBu Rumah Tangga)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Design by Free WordPress Themes | Re Design by Raditya Designer Art - Jasa Buat Website