Ketahanan Keluarga Pilar Utama Ketahanan Nasional

Keluarga adalah pilar utama dan pertama dalam sebuah peradaban, mengapa dikatakan demikian karena setiap individu yang memiliki prestasi atau individu yang berhasil menorehkan prestasi tentunya terbentuk dari keluarga yang memiliki pondasi yang baik dalam membentuk individu tersebut. Individu yang memiliki karakter yang berakhlak Al-Quran tentunya dibentuk oleh keluarga yang memiliki Al Quran pula, selain itu lingkungan pun turut andil dalam membentuk karakter setiap individu.
Berkaca dengan kondisi saat ini, begitu banyaknya tindak criminal yang mana para pelakunya kebanyakan remaja yang masih duduk di bangku sekolah, sebut saja salah satunya mengenai pelecehan seksual, pemerkosaan yang marak diberitakan dimedia seolah membuka mata kita bahwa mental serta karakter remaja saat ini.
Warda Wahab
Sangat jauh dari pilar-pilar agama islam yang mengajarkan tentang ketauhidan, ketaatan terhadap seluruh perintah dan larangan dari Allah SWT, kondisi saat ini pun diperparah dengan tidak diterapkannya islam secara kaffah diseluruh lini kehidupan sehingga membentuk pola pikir bahwa agama hanya digunakan di masjid dan pengajian saja, di pasar, di pantai, atau ditempat lainnya tidak perlu menggunakan agama. Bila setiap individu pelaku tindak kekerasan menyadari maksud dan tujuan kehidupan sebagai manusia maka akan berpikir ribuan kali untuk melakukan tindakan kekerasan tersebut.
Berbagai macam yang terjadi di lingkungan sekitar kita berawal dari keluarga. Di dalam keluarga adalah awal dibentuknya karakter seseorang. Bagaimana berinteraksi dengan keluarga, baik itu orang tua, saudara, maupun kerabat, semuanya di ajarkan dalam keluarga. Mengapa dikatakan keluarga merupakan pilar utama karena bila dalam keluarga diberikan pengajaran, pendidikan yang baik sehingga membentuk karakter yang baik, yang mana bila dalam keluarga terbentuk karakter yang baik berakhlak maka lingkungan pun akan akan mencerminkan perilaku atau karakter setiap individu yang berada di sekitar lingkungan tersebut.
Lingkungan yang tercipta dari karakter yang baik maka akan membentuk suatu kesatuan yang menyeluruh dengan Negara dimana Negara akan dijalankan atau dipimpin oleh karakter yang baik berakhlak Al Quran sehingga dapat dikarakan antara keluarga, lingkungan dan Negara saling berkontribusi dalam membentuk suatu peradaban yang maju. Negara yang memfasilitasi segala kebutuhan rakyat, sehingga setiap keluarga terpenuhi kebutuhannya yang pada akhirnya membentuk karakter yang baik akan berdampak pada lingkungan yang aman.
Seperti banyak dicontohkan oleh para ulama, para khalifah yang memimpin Negara dengan sangat bijaksana karena mereka memahami tujuan hidupnya, bahwa kita manusia berasal dari Allah, hidup di dunia untuk beribadah kepada Allah dan akan kembali kepada Allah maka semua yang dilakukan untuk mendapatkan keridhoan dari Allah semata. Itulah yang harus ditanamkan dalam membentuk karakter dalam keluarga. Pembentukan karakter itu sendiri tentunya dibutuhkan ilmu maka dari itu setiap orang tua diwajibkan menuntut ilmu sehingga dapat memberikan pengajaran dan pendidikan yang baik kepada anak dan seluruh keluarga, yang akan membentuk peradaban yang menjalankan islam secara menyeluruh.(*)
Penulis : Warda Wahab


Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Design by Free WordPress Themes | Re Design by Raditya Designer Art - Jasa Buat Website