PDAM Balikpapan, Waduk Tritip Operasikan 2018

Balikpapan- Direktur Utama PDAM Balikpapan Khadir Effendi akui, keterbatasan penyediaan air baku di PDAM Balikpapan. Diperkirakan Waduk Tritip akan beroperasi 2018, untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Balikpapan dalam pemakaian air bersih.
Direktur Utama PDAM Balikpapan Khaidir Effendi


Menurutnya, tidak mungkin akan melakukan penyambungan baru ke pelanggan bila persediaan air baku belum memenuhi. Penyambungan baru akan dilakukan bila dinilai penyediaan air baku dinilai mencukupi bagi masyarakat Balikpapan. Seharusnya penampungan air yang ada, dapat memaksimalkan 1.600 liter/ detik sebagai dasar untuk pemenuhan air bersih bagi pelanggan. 

“Kendala tehnis ini terus dilakukan kajian dan mencari pemecahan agar pemenuhan air ke masyarakan Balikpapan dapat tercapai,” jelas Khaidir, disela audiens PWI Cabang Balikpapan bersama PDAM Balikpapan, Senin (13/3/2017).

Ia menyampaikan, waduk Tritip salah satu pemecahan pemenuhan air bersih bagi masyarakat Balikpapan, peningkatan volume air pasti ada peningkatan, jika waduk Tritip akan beropersi,” ungkapnya. 

Mati air yang masih terjadi saat ini dikarenakan ketidakmampuan beberapa penampungan air untuk melakukan suplay ke pelanggan. Seperti, penampungan di DAM melayani pelanggan hingga Kampung Baru, Balikpapan Barat demikian juga Penampungan Batu Ampar, Balikpapan Utara melayani pelanggan hingga perumahan Daksa. 

Kondisi tehnis dialami saat ini merupakan pekerjaan berat bagi PDAM Balikpapan untuk memaksimalkan persediaan air ke pelanggan. Sementara untuk membuat sumur baru atau sumur dalam pihak PDAM mengalami kendala diantaranya, tidak adanya lahan memadai untuk dijadikan sebagai penampungan atau (Instalasi Pengelohan Air) IPA. 

Hal sama disampaikan Direktur Umum PDAM Balikpapan Gazali Rakhman, dengan kondisi air baku dimiliki PDAM akan dimaksimalkan suplay kepada pelanggan. Tentunya, tanpa mengurangi volumen persediaan air baku dengan suplay ke pelanggan. 

Menurutnya, pihak pelanggan juga disarankan untuk aktif melakukan komunikasi dan koordinasi dengan pihak PDAM mengenai kondisi air dan pelayanan terhadap pelanggan. Hal itu dimaksudkan untuk memaksimalkan pelayanan terhadap pelanggan.(ay)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Design by Free WordPress Themes | Re Design by Raditya Designer Art - Jasa Buat Website