Apa Kabar Pendidikan Tanpa Islam?

Salam hormat pembaca, taukah anda,  ikatan ibu dan anak itu sangat dekat? Sama halnya guru dengan siswa, maupun dosen dengan mahasiswa.  Apa yang membuat mereka dekat? Mereka akan dekat jika dibarengi dengan pemahaman islam, pemikiran islam, ikatan akidah islam, percayalah! Peran mereka sangat menyentuh adanya sebuah pendidikan.

Mengapa demikian? Karena di tangan para penuntut ilmu itu mampu memberikan ilmunya yang sesuai dengan kacamata “maha penguasa ilmu” dan akan diterapkan ketika sudah menerimanya , itulah makna pendidikan yang seharunya.
 Nurul Fauziah

Pendidikan saat ini telah dinodai dengan “sekularisme”,baru-baru ini terdapat kasus yang diperani oleh guru dengan siswa. Sekjen Federasi Serikat Guru Indonesia (FSGI) Retno Listyarti mengatakan, dari laporan yang masuk ke posko pengaduan, kasus siswi SMKN 3 Padangsidimpuan yang disuruh gurunya menjual diri itu berawal pada Sabtu (1/4). Siswi tersebut tak mampu membayar iuran pengelolaan usaha (PU), sehingga guru yang berinisial KS itu mengeluarkan kalimat: “jual saja diri kalian ke JB (nama salah satu tempat hiburan malam di Padangsidimpuan), supaya tunggakan kalian ini bisa lunas".

Ucapan yang sungguh menyayat hati dari seorang guru yang sering dijuluki dengan pahlawan tanpa tanda jasa.

Inilah akibatnya jika tidak dibarengi dengan pemahaman islam, islam seolah-olah tidak dipakai dalam kegiatan sehari-hari, termasuk pendidikan, ekonomi, politik hingga pemerintahan. Islam agama yang lurus, mampu memperbaiki kehidupan manusia.

Karena terbukti dalam sejarahnya, bahwa sistem islam yang pernah diterapkan hampir 2/3 dunia itu mampu menempatkan guru sebagai sumber materi dan juga pemberi qudwah (panutan), karena yang diharapkan adalah lahirnya output generasi yang berkepribadian utuh dan berkompetensi unggul dan Negara menjamin pendidikan berkualitas tanpa memungut biaya. Jika dibandingkan dengan saat ini, bolehlah kita bertanya, apa kabar pendidikan tanpa islam? … Wabillaahi taufiq, wassalamu’alaikum. (*)
Penulis: Nurul Fauziah (Mahasiswi STIE Madani Balikpapan)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Design by Free WordPress Themes | Re Design by Raditya Designer Art - Jasa Buat Website