Kemudahan Kelola Migas, Gross Split

Tarakan-Sistem kerjasama Migas (Minyak dan Gas) dengan memakai Gross Split dapat menekan pengeluaran negara dalam eksplorasi Migas. Sementara sistem kerjasama dengan Cost Recovery terlaksana selama ini hanya menguras keuangan negara.
Ceby Gardwinha (kiri)
 


Ceby Gardwinha dalam materinya disampaikan dalam Edukasi & Temu Media di Mess Melati Pertamina Asset 5 Tarakan, Kamis 27 Juli 2017 sistem kerjasama Gross Split merupakan langkah efektif bagi KKKS untuk melakukan investasi Migas dalam hal kegiatan eksplorasi.

Menurutnya, kontrak bagi hasil Gross Split sudah menjadi Peraturan Menteri Sumber Daya Mineral dengan nomor 08 tahun 2017, menjadi bentuk kontrak kerjasama Migas saling menguntungkan baik KKKS maupun pihak pemerintah. Dalam menjalankan Gross Split tersebut juga SKK Migas menjadi bagian penting dalam melaksanakan managemen Migas terhadap KKKS sebagai investor dalam melaksanakan eksplorasi. 

“Aturan tersebut baru diundangkan masih memerlukan sosialisasi sehingga proses penerapannya memerlukan waktu agar pihak investor Migas dan pemerintah mendapatkan keuntungan yang sama,” jelasnya.

Adapun Kontrak dengan Cost Recovery yang berlaku selama ini, hanya membebani negara dengan biaya eksplorasi cukup tinggi. Meski eksplorasi dilakukan dengan  memakai dana investor lebih awal namun, mendapatkan penggantian dari Negara sesuai biaya eksplorasi dikeluarkan sebelumnya.

Menurut Ceby, keleluasaan pihak investor atau KKKS dalam pengelolaan Migas menjadi kekhawatiran banyak pihak termasuk adanya kekhawatiran kurangnya kontrol pemerintah dalam hal produksi Migas. Termasuk kekhawatiran keterlibatan pemerintah dalam peningkatan eksplorasi dinilai tidak tercapai dikarenakan adanya efisiensi investor dalam melaksanakan eksplorasi namun memaksakan pihak KKKS dalam melakukan produksi untuk meraup keuntungan. 

Ia menilai, sangat wajar kekhawatiran itu muncul dikarenakan kontrak Gross Split masih dalam tahap sosialisasi. Sehingga, memerlukan waktu sebelum diberlakukan secara maksimal.(ay)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Design by Free WordPress Themes | Re Design by Raditya Designer Art - Jasa Buat Website