SMP Patra Dharma 1 Balikpapan, Tanamkan Iman dan Taqwa

Balikpapan- Setiap sekolah dalam tingkatannya wajib melaksanakan kurikulum pendidikan sesuai dengan aturan pendidikan secara nasional, di SMP Patra Dharma 1 Muara Rapak tidak hanya mengajarkan kurikukum, lebih dari itu setiap siswa, atau murid ditanamkan imtaq (iman dan taqwa).
 
Penanaman imtaq bagi siswa di SMP PD (Pantra Dharma) 1 sudah berjalan rutin setiap harinya. Seperti, saat istrahat pertama setiap siswa diwajibkan untuk melaksanakan salat dhuha, disaat waktu istrahat kedua siswa melaksanakan salat dhuhur secara berjamaah. Bagi siswa agama lain menyesuaikan dengan kepercayaannya masing-masing.
Antoko
Bagian Kurikulum SMP PD 1 Muara Rapak-Balikpapan, Antoko mengatakan kegiatan belajar mengajar suatu keharusan dijalankan dengan mengikuti kurikulum pemerintah sesuai aturan pendidikan. Diluar itu berbagai kegiatan diluar sekolah seperti ekschool juga banyak diminati bagi siswa.

Adapun kegiatan ekschool di SMP PD 1 Muara Rapak diantaranya, Olahraga Futsal, Basket, Moderen Dancer, Tradisional Dancer, komputer, Pramuka dan English Club.

“Setiap siswa akan mengikuti kegiatan ekschool dibatasi hanya bisa dua kegiatan saja, dengan cara menyampaikan ke pihak Guru, sebagai kontrol bagi siswa itu sendiri,” jelas Antoko. 

Menurutnya, dari beberapa kegiatan ekschool di SMP PD 1 Muara Rapak, Moderen Dancer dan Tradisional Dancer adalah kegiatan ekschool yang menjadi andalan dan favorit saat ini dan telah mendapatkan berbagai prsetasi ditingkat sekolah menengah pertama se-Balikpapan.

Adapun prestasi diraih tahun 2017 SMP PD 1 Muara Rapak mendapat juara III Putra Longsat Pramuka Penggalang tingkat Kota Balikpapan, untuk Putri meraih harapan II. 

Menariknya, di hari Senin setelah melaksanakan Upacara dilajutkan dengan membaca buku pengetahuan, setiap siswa bebas membaca buku. Siswa diberikan kebebasan untuk membaca buku pengetahuan apasaja yang telah disiapkan oleh sekolah, sebelum jam pelajaran dimulai.

Ada juga Jumat Ekspresi dan Jumat Bersih, lewat jumat bersih para siswa yang terlibat dalam kegiatan bersih-bersih dalam lingkungan sekolah diberikan pengetahuan bagaimana sifat gotong royong saling membantu dan menjaga kebersihan lingkungan sekolah. Kegiatan ini bermakna saat siswa berada dalam lingkungan masing-masing dapat mengaktualisasikannya.      

Bagian Kurikulum SMP PD 1 Muara Rapak, Balikpapan Antoko menambahkan, berbagai kegiatan ekschool tersebut merupakan penunjang bagi siswa dalam proses belajar mengajar di SMP PD 1, dikarenakan visi sekolah juga harus dijalankan yakni, Berahlak Mulia, Cerdas dan Peduli Lingkungan.    

Untuk diketahui SMP PD 1 Muara Rapak, Balikpapan saat ini mempunyai siswa secara keseluruhan 400 lebih, untuk tahun ajaran baru ini SMP PD 1 menerima siswa 158 untuk lima kelas dengn jumlah kelas 32 orang siswa. 

Selanjutnya, SMP Patra Dharma 1 Muara Rapak, Balikpapan juga aktif mengikuti beberapa kegiatan rutin pemerintah Kota Balikpapan seperti, Hari Kemerdekaan, Hari Sumpah Pemuda dan Hari Ulang Tahun Kota Balikpapan. Dihari-hari besar ini, secara rutin akan dilaksanakan berbagai kegiatan lomba bagi siswa untuk menyamarakkan dan memperingatinya. Tujuannya, setiap siswa dapat memahami dan memaknai arti setiap hari besar tersebut. (ay)         

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Design by Free WordPress Themes | Re Design by Raditya Designer Art - Jasa Buat Website