DPRD Balikpapan Menerima Kunjungan DPRD Banjarbaru

Kamis, 22 Pebruari 2018
BALIKPAPAN- Ketua Komisi I DPRD Balikpapan Faisal Tola menerima kunjungan kerja (kuker) DPRD Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan di ruang rapat DPRD Balikpapan Kamis, (22/02/2018) dalam kunjungan kerja tersebut dihadiri anggota DPRD Banjarbaru dinas Bappeda dan dinas PU. 
 
Dalam kunjungan kali ini rombongan DPRD Kota Banjarbaru ingin mendapatkan informasi mengenai pembahasan Rancangan Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RJMD). Hal itu dilakukan dikarenakan DPRD Banjarbaru bersama instansi terkait dalam penggodokan RPJMD masih menuai berbagai persoalan.
Faisal Tola menyerahkan cindera mata ke DPRD Banjarbaru (Foto: yani)

Selain itu juga Kota Banjarbaru dinilai masih dalam tahap pembenahan setelah dilakukan pemekaran sehingga, kondisi tersebut terus dilakukan pembenahan instansi agar tupoksinya dapat berjalan sesuai aturan pemerintah. Termasuk sinergitas antara Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) bersama pihak legislatif dan inspektorat. 

Ketua Pansus DPRD Banjarbaru Rakyin Basgoro mengatakan, pengalaman dalam penyusunan RPJM seringakali mengalami kendala. Termasuk penyusunan program ditengah jalan usai pengesahan RPJM seperti, penambahan program kerja atau agenda pembangunan disaat RPJM telah disahkan. 

“Beda sekali dengan Balikpapan, penyusunan RPJM sangat rapi dikarenakan adanya koordinasi dan sinergitas antara legislatif dan instansi terkait. Jika terdapat penambahan program dapat dilakukan atau ditambahkan disaat RPJM sedang berlangsung,” ungkapnya.

Menurut Basgoro, kendala penyusunan RPJM semestinya mengacu pada aturan yang ada. Agar kedepanya tidak mengalami kendala antar instansi. Pihaknya, juga menyadari perangkat pemerintahan Banjarbaru masih melakukan pembenahan. Acuannya, melakukan setudi banding ke daerah dinilai tata kelola pembangunannya sudah stabil, termasuk Kota Balikpapan.

“Kami yakin, bila acuannya sesuai dengan aturan yang dijalankan dipastikan tidak ada kendala. Termasuk adanya koordinasi yang baik antar lembaga pemerintahan, sebagaimana dilakukan pemkot Balikpapan bersama pihak DPRD Balikpapan,” jelas Basgoro.

Sementara Ketua Komisi I DPRD Balikpapan Faisal Tola menerima rombongan mengatakan, untuk pembahasan RPJM di Balikpapan melibatkan semua instansi agar dalam penyusunannya dalam berjalan sinergi termasuk koordinasi dan komunikasi yang baik antara DPRD Balikpapan bersama pemkot Balikpapan.

Untuk diketahui, dihari yang sama DPRD Balikpapan selain menerima kunjungan dari DPRD Banjarbaru, Kalimantan selatan juga menerima kunjungan DPRD Kutai Kartanegara dan Kabupaten Berau.(ay)       

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Design by Free WordPress Themes | Re Design by Raditya Designer Art - Jasa Buat Website