Faisal Tola, Ketua Komisi I DPRD Balikpapan, Kasus Pertanahan Harus Tuntas

Selasa, 27 Pebruari 2018
BALIKPAPAN- Masalah kepengurusan surat tanah selalu saja menjadi kendala bagi masyarakat. Bahkan, kasus tanah hampir semua daerah mengalami hal sama. Sebagaimana Pemerintah Kota Balikpapan telah meluncurkan Layanan IMTN Online. Melalui layanan tersebut masyarakat akan lebih mudah mengajukan Izin Membuka Tanah Negara (IMTN) sebagai acuan dalam penerbitan sertifikat hak atas tanah.

Faisal Tola, Ketua Komisi I DPRD Balikpapan menyampaikan, penyelesaian kasus pertanahan dimasyarakat perlu mendapatkan perhatian serius. Bahkan, mestinya Dinas Pertanahan dan Penataan Ruang (DPPR) Kota Balikpapan melakukan riset dan pengembangan bidang pertanahan agar sengketa lahan dapat diminimalisir.
Faisal Tola Ketua Komisi I DPRD Balikpapan (Foto: Dok.)

“Kita perlu keseriusan dalam penanganan pertanahan ini. Agar masyarakat dalam kepemilikan lahan dan dalam kepengurusannya tidak menjadi masalah dikemudian hari,” ungkap Faisal Tola.

Sebagaimana hasil diskusi bersama, Pertanahan dan Penataan Ruang (DPPR) Kota Balikpapan, BPN Balikpapan dan Wartawan di Balikpapan belum lama ini. Diperlukan tindak lanjut yang jelas dan perhatian serius bagi masyarakat dalam pengurus surat tanahnya.  

Seperti, proses IMTN yang berbasis online, sebagaimana kemudahan bagi masyarakat dalam kepengurusan surat-surat. Yang alurnya, Pertanahan dan Penataan Ruang (DPPR) Kota Balikpapan atau dari Kecamatan akan melakukan validasi data pendaftaran pemohon. Setelah berkas yang diunggah tersebut lengkap maka akan dilakukan penjadwalan untuk peninjauan lokasi.

Jika prosedur yang dilakukan benar dan berkas yang dilengkapi telah lengkap, proses pengajuan hingga IMTN tersebut diterbitkan akan berlangsung kurang lebih 2 bulan.(*/ay)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Design by Free WordPress Themes | Re Design by Raditya Designer Art - Jasa Buat Website