Kapolda Kaltim Launching Satgas Nusantara

BALIKPAPAN- Demi kelancaran Pemilihan Gubernur (pilgub) tahun 2018, Kapolda Kalimantan Timur  Irjen Pol Prio Widyanto resmi melaunching Satgas Nusantara, Satgas Siber,  Satgas Anti Money Politic  Senin, (19/02/2018) di Mapolda Kaltim.

Kapolda Kaltim Irjen Pol Prio Widyanto mengatakan, Terbentuknya Satgas Cyber Polri segala bentuk indikasi pelanggaran terkait dunia siber diluar wewenang  Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) bisa ditindak. Satgas Siber hanya diberikan wewenang mengawasi akun pasangan calon yang didaftarkan di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kaltim.
Poto bersama Kapolda Kaltim saat launching Satgas Nusantara di Mapolda Kaltim

"Bawaslu dibatasi kewenangan dalam lex specialis atau UU khusus,  UU Nomor 10 tahun 2016 tentang Pilkada maupun di Peraturan Badan Pengawas Pemilu (Perbawaslu). Kami merasa terbantuknya Satgas Cyber ini memantau perkembangan diluar kewenangan yang kita awasi," jelasnya.

Menurut Ketua Bawasalu Kaltim Saipul Bahtiar, dengan keberadaan Satgas Anti Money Politic, Satgas itu bisa mengepung potensi yang bisa menimbulkan celah adanya praktek politik uang dalam penyelenggaraan pemilu.

Ditambahkannya, ada dua bentuk sanksi yang diberikan apabila adanya temuan indikasi politik uang dalam pengelenggaraan berdasarkan UU nomor 10 tahun 2016 tentang Pilkada pasal 73 yang berkaitan dengan dana kampanye.

“Dalam ayat 135a, pasangan calon dapat terkena sanksi administrasi, dimana yang bersangkutan bisa didiskualifikasi oleh lembaga penyelenggara pemilu. Kemudian ayat 137a dimana pemberi dan penerima hadiah yang bertujuan untuk memilih salah satu paslon bisa terkena sanksi pidana,” pungkasnya.(abd/*)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Design by Free WordPress Themes | Re Design by Raditya Designer Art - Jasa Buat Website