JKN Tingkatkan Kualitas Pelayanan, Bagi Peserta

BALIKPAPAN- Program Jaminan Kesehatan Nasional, Kartu lndonesra Sehat (JKN-KIS) telah memasukir tahun ke-4 sejak direcanangkan pada, 1 Januan 2014.  Saat ini cakupan kepesertaan JKN-KIS, memasuki wilayah Kaltimtengseltara (Kalimantan Timur, Tengah, Selatan dan Utara).
Foto bersama narasumber JKN (abd/jb)

Deputi Direksi Wilayah Kaltimtengseltara BPJS Kesehatan Nimas Ratna Sudewi menyampaikan, telah mencapai 70% dari jumlah penduduk atau sebanyak 7.335.010 jiwa dari penduduk telah menjadi peserta JKN-KIS, hingga Maret 2018. Cakupan kepesertaan  tersebut meliputi 4 (empat) Provinsi yakni, Kalimantan Timur (82%), Kalimantan Selatan (57%), Kalimantan Tengah (71%), dan Kalimantan Utara (84%). 

“Sebagaimana Undang-undang nomor 23 Tahun 2014 Pasal 67, menjadi salah satu kewajiban bagi pemerintah daerah adalah "Melaksanakan Program Strategis Nasional," ungkapnya.

Termasuk didalamnya implementasi program JKN-KIS yang merupakan agenda negara. Karena tertuang pada visi, misi dan nawacita bangsa. Sampai dengan Maret 2018, seluruh pemerintah daerah kabupatean dan kota.

“Sesuai dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2015-2019. Disampaikan, cakupan besaran JKN-KIS sampai dengan 31 Desember 2018, secara nasronal adalah 95%. Jumlah penduduk dalam rangka menuju Universal Health Coverage (UHC),” kata Deputi Direksi Wilayah Kaltimtengseltara BPJS Kesehatan Nimas Ratna Sudewi.

BPJS Kesehatan wilayah Kaltimtengseltara terus mendorong peran aktif pemermtah daerah dalam mendukung pelaksanaan Program JKN-KIS dalam sejumlah Kabupaten/Kota. Baik dalam hal peningkatan cakupan kepesertaan melalui pembayaran penduduk yang didaftarkan oleh Pemerintah Daerah. Maupun, peningkatan kualitas layanan dari fasilitas kesehatan. 

Asisten Deputi SDM, Umum dan Komunikasi Publik, BPJS Kesehatan Kaltimtengseltara Hamdani menyatakan, saat ini sebanyak 8 (delapan) Kabupaten dan Kota, untuk wilayah Kaltimtengseltara dapat dikategorikan telah mencapai Universal Health Coverage (UHC). Atau kepesertaan JKN-KIS lebih dari 95% dari Jumlah Penduduk yaitu, Kabupaten Mahakam Ulu, Kabupaten Kutar Barat, Kota Balikpapan, Kabupaten Malinau dan Kabupaten Bulungan.

“Selanjutnya, Kabupaten Barito Timur, Kabupaten Barito Selatan, dan Kabupaten Murung Raya. Selanjuntya, BPJS Kesehatan menyampaikan apresiasi, dan penghargaan yang atas dukungan Pemerintah Daerah dalam mencapai UHC (Universal Health Coverage),” katanya.(abd/*)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Design by Free WordPress Themes | Re Design by Raditya Designer Art - Jasa Buat Website