KBM Lima Hari, Resmi Diberlakukan

BALIKPAPAN-Program pemerintah memberlakukan proses belajar mengajar lima hari dalam semingggu, akan diberlakukan di Balikpapan. Pemberlakuan masih ditingkat SLTP dan baru diberlakukan 48 sekolah negeri dan swasta sebanyak 75 sekolah.
Foto: Muhaimin (dok./jb)

Kadisdik Balikpapan Muhaimin mengatakan, pemberlakuan proses belajar mengajar lima hari. Dimulai Senin hingga Jumat, proses belajar sampai pukul 15.15 (wita) sebelumnya pulangan sekolah pukul 14.15 (wita).

"Sekolah lima hari, dari Senin-Jum'at, sesuai perpres tahun 2017," ungkap Muhaimin. “Adapun setiap Jum'at usai KBM (kegiatan belajar mengajar) berakhir pada pukul 11.15 (wita). Siswa pulang ke rumah untuk menunaikan salat Jum'at, dan kembali lagi ke sekolah untuk mengikuti berbagai kegiatan ekstrakurikuler.”

Menurutnya, sebenarnya sekolah lima hari dalam hitungan semingggu. Siswa hanya belajarselama 40 jam. Sebelumnya, Permen P&K Nomor: 17 tahun 2017 tentang hari sekolah.

Adapun jam keluar sekolah dalam  Perpres tahun 2017 dijelaskan, membebaskan pelaksanaan sekolah lima hari kepada daerah yang lebih paham kondisi setempat. Untuk memilih lima hari atau enam  hari KBM (kegiatan belajar mengajar). Sedangkan, ke-48 sekolah yang siap melaksanakan lima hari, terdapat  22  sekolah negeri dan 26 sekokah swasta," pungkasnya.(ton/*)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Design by Free WordPress Themes | Re Design by Raditya Designer Art - Jasa Buat Website