Kotawaringin Timur, Kunker Pajak di Balikpapan

BALIKPAPAN- Wakil Ketua I DPRD Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah (Kalteng) Awai F. Matali mengatakan, kunjungan kerja (kunker) DPRD bersama sejumlah OPD (Organisasi Perangkat Daerah). Ingin mengetahui pengelolaan penerimaan pajak dan sistem perizinan di kota Balikpapan.
Foto: Awai F. Matali (ay/jb)


Kotawaringin Timur, memiliki luas wilayah 16.496 km2, terbilang cukup luas. Dengan cakupan wilayah tersebut pihak pemerintah setempat memerlukan regulasi untuk peningkatan pajak daerah khususnya, pajak bumi bangunan (PBB).

Menurut Awai F. Matali, peningkatan sektor pajak diperlukan regulasi. Kendala dihadapi hampir semua daerah, adanya perpindahan dan perubahan nama objek pajak. Belum diketahui dan tidak adanya laporan objek pajak menyulitkan dalam pemungutan pajak.

“Secara presentase diperkirakan sebanyak 20 miliar tunggakan pajak saat ini. Dari total penerimaan pajak PBB, dari 50 miliar rupiah,” ungkapnya.  

Pertemuan bersama pemkot Balikpapan berlangsung di ruangan rapat I Gedung Pemkot Balikpapan, Kamis (22/3/2018) dihadiri sejumlah OPD lingkungan pemkot Balikpapan. 

Asisten I Pemkot Balikpapan Syaiful Bachri menerima para tamu dari Kotawaringin Timur menyampaikan, terdapat beberapa poin yang dibahas dalam kunker Kotawaringin Timur. Diantaranya, mengenai pengelolaan perizinan dan tata kelola pajak khusus pajak PBB. 

“Kami mengucapkan apresiasi kepada DPRD Kotawaringin bersama pemkab. Kotawaringin Timur  menjadikan Balikpapan sebagai kota tujuan untuk kunjungan kerja mengenai pajak dan izin,” demikian dikatakan Syaiful Bachri usai pertemuan.
Foto: Syaiful Bachri (ay/jb)
“Termasuk keuntungan bagi pariwisata kita. Kunjungan kerja seperti ini, menjadi ajang promosi kota terhadap daerah lainnya,” ungkapnya. 

Untuk diketahui Kotawaringin Timur,  Kota Sampit sebagai Ibukota. Merupakan salah satu kota terpenting di Provinsi Kalimantan Tengah. Di samping karena secara ekonomis merupakan daerah Kabupaten yang relatif maju juga karena terletak di posisi yang strategis di Kalteng.(ay)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Design by Free WordPress Themes | Re Design by Raditya Designer Art - Jasa Buat Website