KPU Balikpapan Adakan Bimtek Parmas dan Operator Sidalih

BALIKPAPAN-Anggota Panitia Pilihan Kecamatan (PPK) dan Anggota  Panitia Pemungutan Suara (PPS) se-Kota Balikpapan mengikuti bimbingan teknis (Bimtek) operator Sistem Informasi Data Pemilih (Sidalih) di Hotel Bahtera Balikpapan, (8/3/2018).

Sidalih merupakan aplikasi online yang dibuat untuk membantu petugas di KPU Kabupaten/ Kota dalam melakukan pengolahan data pemilih lebih mudah, cepat dan tepat. Sistem Informasi Data Pemilih telah dioperasionalkan sejak Pemilu Legislatif dan Pilpres tahun 2014 yang lalu.
Peserta saat mengikuti bimbingan tehnis KPU Balikpapan (Foto: dok)
Komisioner KPU Kota Balikpapan Endang Susilowati menjelaskan, tujuan Bimtek sebagai tindak lanjut dari proses pemutakhiran data pilihan pasca prestasi pencocokan dan penelitian (coklit).

"Bimtek ini dilakukan agar penyelenggara ditingkat PPK dan PPS memahami proses dalam melakukan rekap dan pengimputan data hasil dan hasil coklit secara berjenjang," tata Endang.

“Dengan adanya Sidalih ini, memudahkan pekerjaan penyelenggara pemilu ditingakat bawah, sehingga didapatkan data yang akuntabel dan termutahir dalam pemilihan gubernur dan wakil gubernur Kalimantan Timur Tahun 2018,” tambahnya.

Selain, menggunakan SIDALIH lanjut Endang, sosialisasi berbasis keluarga, tentang pentingnya masyarakat menggunakan hak pilihnya, PPK dan PPS juga harus bisa memanfaatkan media internet lainya.

Menurut informasi dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) salah satu menyebab terjadinya Korupsi oleh Kepala Daerah akibat adanya politik uang, untuk itu dalam menyelenggaran pemilu, semaksimal mungkin isu SARA, Hoax dan politik uang harus dihindari, dan ini menjadi salah satu tugas PPK dan PPS,“ tambahnya.

Selain Endang Susilowati, tampak hadir dikegiatan ini Komisioner KPU lainya, yakni Purwo Atmojo, dan Zainal Abidin Syah selaku Kasubag program dan data, serta Imawan Hasbullah staf data dari KPU Provinsi Kalimantan Timur untuk membahas penyusunan daftar pemilih sementara PPK/ PPS sekota Balikpapan.(Ar/*)


Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Design by Free WordPress Themes | Re Design by Raditya Designer Art - Jasa Buat Website