KPU Balikpapan Selenggarakan Bimtek Uji Publik

Bimtek penyusunan daftar pemilih sementara hasil perbaikan dalam pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Timur 2018 di Hotel Novotel, Senin (26/3/2018).

BALIKPAPAN-Ketua KPU Balikpapan M. Noor Thoha menyampaikan penyelenggaraan Bimtek (bimbingan teknis), penyusunan daftar pemilih sementara dalam pilgub kaltim 2018 merupakan tahapan rangkaian pendataan pemilih harus dilakukan KPU Balikpapan.
Foto: M. Noor Thoha (ay/jb)
Sebelumnya, tahapan proses pemutakhiran data pemilih diawali dengan coklit (Pencocokan dan Penelitian) identitas pemilik suara dilakukan Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) tingkat RT.
Menurut Noor Thoha, setelah Bimtek dilakukan petugas PPS dan PPK akan bertugas melakukan sosialisasi ditingkat kelurahan melalui uji publik dengan menempelkan hasil DPS (daftar pemilih sementara). Pengumuman DPS sebagai bahan evaluasi sebelum dilakukan finishing DPT pada 19 April mendatang.

“Bimtek tersebut merupakan bahan bagi PPS dan PPK dalam menjalankan tugasnya di lapangan selama evaluasi atau perbaikan DPS berlangsung. Praktis keterlibatan semua komponen masyarakat menjadi penting untuk melakukan pengecekan dan memastikan setiap warga terdaftar sebagai pemilih,” ungkapnya.

Ia mengatakan, proses panjang telah dilalui diperlukan koordinasi yang baik. Agar kedepan tidak ada warga Balikpapan yang luput dari daftar pemilih.

“Agar kedepan warga tidak ada lagi yang protes, kalau dirinya tidak masuk daftar pemilih. Selama seminggu kedepan PPS dan PPK akan bekerja untuk melakukan pencocokan data dan monitoring,” jelas Noor Thoha Ketua KPU Balikpapan.

“Setelah uji publik dilakukan, maka KPU Balikpapan akan melakukan persiapan DPT (daftar pemilih tetap). Dalam tahapan DPT dipastikan data pemilih dan TPS sudah tetap,” jelasnya.

Uji publik sebagai produk unggulan KPU
Ketua KPU Kalimantan Timur (Kaltim) Mohammad Taufik menyampaikan kepada seluruh masyarakat Kaltim khususnya, Balikpapan untuk melakukan pengecekan tehadap DPS (daftar pemilih sementara) dalam Pilgub (pemilihan gubernur) Kaltim 2018, melalui uji publik KPU masing-masing kabupaten dan kota.
Foto: Mohammad Taufik (ay/jb)
Pengecekan DPS itu dilakukan selama uji publik berlangsung hingga 2 April 2018, pengecekan dapat dilakukan ditingkat kelurahan. Selama uji publik berlangung semua komponen masyarakat dapat terlibat, seperti ketua RT, tim paslon (pasangan calon) dan pengawasan lapangan.

Hal itu dilakukan untuk memastikan apakah data warga disemua tingkatan sudah terdaftar sebagai pemilih. Seperti, tingkat desa atau kampung dan kelurahan. Termasuk perbaikan data pemilih, adanya pemilih baru atau data pemilih meninggal dunia.

Menurut Mohammad Taufik, materi uji publik disampaikan Endang Susilowati komisioner KPU Balikpapan dalam Bimtek tersebut merupakan produk unggulan KPU. Sebagai bentuk keterlibatan langsung bagi publik untuk melakukan pencocokan data pemilih dalam pilgub Kaltim.  

“Semua komponen masyarakat mulai dari desa, kampung dan keluarahan secara bersama-sama mencermati DPS. Dapat memastikan setiap warga masuk atau tidaknya  sebagai data pemilih. Bila ada yang belum masuk kami akan melakukan koreksi bersama-sama, tentunya dilengkapi dengan data otentik,” jelas Taufik.

“Nantinya teman-teman penyelenggara PPS dan PPK semua tingkatan sistemnya jemput bola. Respon terhadap laporan warga bilamana ada yang belum masuk sebagai pemilih sementara. Akan disampaikan melalui RT, PPS, PPK dan KPU setempat” lanjutnya.  “Karena syarat pemilih dalam pilgub kaltim adalah mereka memiliki KTP elektronik dan pemegang suket (surat keterangan),” pungkasnya.(ron/ay)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Design by Free WordPress Themes | Re Design by Raditya Designer Art - Jasa Buat Website