Mangrove Center Perlu Dukungan Pemkot Balikpapan

Kamis, 15 Maret 2018
BALIKPAPAN-Wakil Ketua DPRD Balikpapan Syarifuddin Oddang menyampaikan, pentingnya menjaga dan kawasan terbuka hijau. Termasuk kawasan mangrove center di Graha Indah-Balikpapan Utara. Kawasan mangrove center Graha Indah memiliki luas lahan satu hektar lebih. 
 
Namun, sayangnya kawasan tersebut tidak dilakukan pemeliharaan oleh pemerintah. Mestinya, kawasan hijau apalagi tanaman mangrove merupakan tanaman dilindungi diperlukan penataan dan pemeliharaan yang baik. Agar fungsi hutan tetap terjaga termasuk dapat menjadi salah satu alternatif wisata bagi warga sekitar dan masyarakat Balikpapan.
Syarifuddin Oddang (foto: ay)
Menurut Syarifuddin Oddang, instansi terkait perlu melakukan peninjauan dan pemetaan lahan kawasan hijau di Balikpapan agar dilakukan inventarisir. Agar kawasan dimaksud dapat lakukan penataan dan pemeliharaan oleh pemerintah kota. 

“Salah satunya kawasan mangrove center di Graha Indah, saat ini tidak dirawat. Mestinya, hutan mangrove terawat dengan baik. Warga dan masyarakat Balikpapan dapat menjadikan kawasan wisata. Kami mengkhawatirkan jangan sampai lahan tersebut akan diramba oleh oknum tertentu untuk dijadikan sebuah kepentingan pribadi,” tegasnya.

Sebelumnya lahan mangrove center Graha Indah merupakan milik salah satu developer. Namun, hal itu diserahkan ke masyarakat untuk kepentingan umum sebagai lahan terbuka hijau. Pemerintah kota Balikpapan dapat melakukan negosiasi bila lahan tersebut ingin diganti ataupun dilakukan penambahan luas lahan. 

“Sangat disayangkan, bila kawasan mangrove center dibiarkan begitu saja tanpa ada perhatian dari pemerintah atau instansi terkait. semestinya, kawasan tersebut dapat berfungsi sebagai kawasan wisata, edukasi ataupun lainnya, demi kepentingan masyarakat,” pungkas Oddang, di ruang kerjanya belum lama ini.(*/ay)     

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Design by Free WordPress Themes | Re Design by Raditya Designer Art - Jasa Buat Website