Pembentukan Kutai Pesisir, Sambut Baik Lembaga Adat Muara Oda

MUARA JAWA-Rencana pembentukan daerah baru Kabupaten Kutai Pesisir ditanggapi positif oleh Lembaga Adat Muara Oda Etam-Muara Jawa, Kab. Kutai Kartanegara. Pembentukan Kutai Pesisir dari Kabupaten Kutai Kartangera-Kalimantan Timur (Kaltim) dinilai wajar dan layak untuk diperjuangkan.
Foto: Kantor Lurah, Muara Jawa Tengah-Kutai Kartanegara (Tono-jurnalbpp)

Selain cakupan wilayah dan jumlah penduduk memungkinkan sebagai syaarat untuk dilakukan pemekaran. Hal itu juga dipandang pelayanan masyarakat Muara Oda-Muara Jawa akan dapat terlayani dengan baik dan terpenuhi. Dikarenakan jangkauan kantor pemerintahan Kabupaten dalam melayani masyarakat setempat dapat terjangkau.  

Ketua Lembaga Adat Muara Oda Etam, Muara Jawa, H Husaini menyatakan dalam pandanganya, pembentukan Kabupaten tersebut, akan menjadi kebanggaan masyarakat Kaltim.

Di tempat terpisah Plt. Bupati Kutai Kartanegara Edy Damansyah, mendukung pemekaran Kabupaten Kutai Pesisir nantinya terdiri dari lima Kecamatan. Yakni, Muara Jawa, Samboja, Sanga Sanga dan Kecamatan Anggana.

Bahkan Edy Damansyah  selaku Plt. Bupati Kutai Kartanegara, bersedia mengawal proses pemekaran Kutai Pesisir, bersama tim pemekaran. Sebelumnya, wacana pemekaran Kutai Pesisir ini bergulir sejak tahun 2000 lalu.

"Kami melihat masalah ini jadi mainan politik walaupun pemekaran sendiri merupakan proses politik. Oleh karena itu, komitmen bersama perlu ditingkatkan untuk tidak nenjadikan pemekaran jadi mainan politik,” ungkap Edy Damansyah, saat ia sedang menerima tim pemekaran Kutai Pesisir yang terdiri dari tokoh masyarakat, camat dan warga pesisir di ruang serbaguna Kantor Bupati Kutai Kartanegara, Jumat (16/3/2018) lalu.

Dalam kesempatan itu, Ia juga memberikan surat resmi dukungan atas pemekaran Kabupaten Kutai pesisir kepada Ketua Tim Pembina Pemekaran.

"Kami mendukung pemekaran kutai pesisir sepanjang prosesnya sudah sesuai dengan undang-undang yang berlaku," pungkas Edy Damansyah.(*/ton)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Design by Free WordPress Themes | Re Design by Raditya Designer Art - Jasa Buat Website