Petugas PPK, PPS Balikpapan, Resmi Dilantik

BALIKPAPAN-Ketua KPU Balikpapan M. Noor Thoha mengukuhkan sebanyak 18 petugas Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan 102 petugas Pemilihan Pemungutan Suara (PPS), di aula pemkot Balikpapan, Jumat (9/3/2018) pagi.
 
Ketua KPU Balikpapan M. Noor Thoha mengatakan, dilantiknya petugas PPK dan PPS tersebut, sebagai bentuk kesiapan KPU Balikpapan dalam penyelenggaraan pemilu atau pileg (pemilihan legislatif) 2019. Sekaligus, sebagai bentuk kesiapan dalam KPU Balikpapan dalam menghadapi pesta demokrasi pemilihan gubernur (pilgub) 2018.
Pelantikan PPK, PPS di aula pemkot Balikpapan (Foto: ay)
“Adapun petugas PPK dan PPS dalam Pilgub dan pileg, formulanya berbeda. Hal ini bukan menjadi halangan bagi petugas yang sudah dilantik,” ungkap Thoha.

Berbedaan jumlah petugas PPK dan PPS dalam pilgub dan pileg dikarenakan regulasi yang berbeda. Jumlah Petugas PPK dalam pemilihan gubernur berjumlah 5 (lima) orang, sementara petugas PPK dalam pileg hanya 3 (tiga) orang.   

Adapun aturan tersebut adalah, Undang-undang nomor 7 tahun 2017 tentang Pileg/Pilpres bahwa personil PPK hanya ada tiga orang saja. Undang-undang nomor 10 tahun 2016 tentang Pilkada bahwa personil PPK berjumlah 5 (lima) orang.

Hal lain disampaikan Ketua KPU Balikpapan M. Thoha, hasil coklit (pencocokan dan penelitian) identitas pemilik suara telah dilakukan. Selanjutnya, akan diplenokan sebagai pemilik suara. Dalam waktu dekat akan diplenokan ditingkat Kabupaten/ Kota.
Ketua KPU Balikpapan M. Noor Thoha (Foto: ay)

Dalam pengukuhan petugas PPK dan PPS tersebut dihadiri Wakil Walikota Balikpapan Rahmad Masud. 

Dalam sambutanya, Wakil Walikota Balikpapan Rahmad Masud, dengan pengukuhan petugas PPK dan PPS pihaknya yakin dapat melaksanakan amanah tersebut dengan baik. Adapun hal lain sebagai penunjang dalam kelancaran kinerja di lapangan pemkot Balikpapan akan melakukan koordinasi dengan KPU Balikpapan.

“Kami yakin, dengan petugas PPK dan PPS yang baru dilantik akan melaksanakan tugas dengan baik. Alasannya, hingga saat ini belum ada kendala,” ungkapnya.(ay)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Design by Free WordPress Themes | Re Design by Raditya Designer Art - Jasa Buat Website