SMP Negeri 12, Siap Menghadapi UNBK

BALIKPAPAN-Berbagai upaya dilakukan pihak sekolah dalam menghadapi UNBK tahun ini. termasuk peningkatkan kualitas dan mutu akademik. Utamanya, untuk kelas Sembilan akan tidak lama lagi menghadapi UNBK (ujian nasional berbasis computer).
Foto: Wisnugroho Suronto (ton/jb)

Sebelumnya UNBK dilakukan dengan cara manual atau sering disebut ujian nasional dengan memakai kertas. Dunia pendidikan terus mengalami perkembangan. Termasuk tahapan semester siswa sudah menggunakan computer. Pemakaian kertas folio, mulai ditinggalkan.

Kepala sekolah SMP Negeri 12 Balikpapan,Wisnugroho Suronto mengatakan penerapan ujian nasional berbasis komputer (UNBK) memiliki keunggulan dibanding ujian nasional berbasis kertas.

Dinas Pendidikan Balikpapan secara serentak melaksanakan UNBK di semua sekolah tingkatan SLTA, baik negeri maupun swasta. 

Wisnu menjelaskan, keterlambatan soal UNBK lebih kecil terjadi dibanding ujian nasional berbasis kertas. Sistem itu juga meminimalisir tertukarnya soal, dan ketidakjelasan hasil cetak soal. Selain itu UNBK tidak memiliki kerumitan pengumpulan lembar jawaban ujian nasional.

"UNBK juga lebih mengakomodasi siswa dengan ketunaan, misalnya untuk Low Vision (penglihatan kurang), tulisan dan gambar bisa dibesarkan," terang Wisnu saat ditemui diruang kerjanya, Kamis (22/3/2018).
Ia menambahkan, sebanyak 374 siswa siswi dari SMPN 12 Balikpapan akan siap untuk mengikuti UNBK dan USBN 2018,  April mendatang. 

Untuk menghadapi UNBK maka berbagai upaya dilakukan, termasuk pendalanan materi. Telah dilaksanakan jauh hari sebelumnya. Seperti, melaksanakan bimbingan belajar (bimbel), try out dan bimbel sistem online.

Terkait dengan pengadaan komputer akan digunakan dalam ujian, sebagian disediakan pihak sekolah dan kekurangannya akan menggunakan sistem sewa atau pinjaman dari orang tua siswa.

"Kami hanya memiliki 68 unit komputer sedangkan yang diperlukan sebanyak 140 unit komputer artinya masih ada kekurangan. Oleh karena itu, kekurangan akan dilakukan sistem sewa, kemudian untuk mengantisipasi mati listrik saat UNBK. Pihak sekolah akan membeli jenset dan tidak lagi menyewa seperti UNBK tahun sebelumnya," pungkas Wisnugroho Suronto.(ton)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Design by Free WordPress Themes | Re Design by Raditya Designer Art - Jasa Buat Website