SMP Negeri I Balikpapan, Persiapan UNBK

BALIKPAPAN-Sebagaimana sekolah lainya melakukan persiapan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Hal sama dilakukan Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) I Balikpapan.
Persiapan pelaksanaan UNBK, mulai penetapan materi bagi siswa, try out termasuk memastikan perangkat komputer untuk menyukseskan pelaksanaan UNBK tahun 2018.

Kepala SMP Negeri I Balikpapan Puguh Birowo mengungkapkan,  jumlah peserta didik kelas sembilan akan ikut Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) sebanyak 391 siswa.
Foto: Puguh Birowo (Ton/jb)
 Sementara sarana komputer yang diperlukan Sebanyak 140 unit. Pihaknya sekolah baru memilki 98 unit komputer. Adapun sisanya akan menggunakan sistem sewa, demikian dikatakan diruang kerjanya, Kamis (22/3/2018).

Menurut Puguh, berbagai upaya untuk pemantapan materi terus dilakukan. Seperti melakukan simulasi, try out termasuk bimbingan belajar (bimbel) setiap hari Jum'at usai KBM (kegiatan belajar mengajar).

Ia menjelaskan, UNBK adalah Ujian Nasional untuk siswa tingkat SLTP melalui jaringan komputer tahun ajaran 2018-2019. Dengan memakai sarana jaringan komputer yang disebut ujian sistem online.

“Itu relatif lebih moderen ketimbang ujian konvensional, pelaksanaannya lebih cepat dari pada menyajikan ujian dengan cara manual di kertas. Cukup klik, tanpa memakai pensil dan tanpa kertas,” ungkapnya.

Hal itu juga memudahkan bagi pengawas ujian atau guru korektor dikarenakan ujian, memakai sistem ujian online dan bekerja otomatis.

"Selain itu kami juga menyarankan kepada siswa untuk banyak belajar dirumah atau les. Bisa juga berkordinasi dengan guru agar mendapatkan waktu untuk les," harapnya. “Adapun tehnis Ujian dan sistem online tetap menggunakan sesi sebagaimana tahun sebelumnya.”

Seperti, jam masuk tetap dimulai pada pukul 07.30 (wita), sesi kedua pukul 10.00 (wita) dan pukul 14.00 (wita).

Untuk memantapkan pelaksanaan UNBK Selasa (27/3/2018) pekan depan, pihaknya akan mengundang orang tua murid kelas sembilan sebagai peserta UNBK. Untuk melakukan sosialisasi UNBK dan USBN.

“Hal itu penting untuk disampaikan agar orang tua wali murid, berhak mengetahui apa itu UNBK dan USBN," ungkap Puguh. “Kami pun berharap kepada seluruh peserta didik untuk terus belajar dan menjaga kondisi kesehatan agar nantinya saat ujian nasional dimulai dalam kondisi prima. Harapannya, menghasilkan nilai terbaik," pungkasnya.(ton/*)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Design by Free WordPress Themes | Re Design by Raditya Designer Art - Jasa Buat Website