Disambut Warga Miau Baru, Rusmadi Jadi Keluarga Dayak

Kamis, 19 April 2018
KONGBENG- Calon Gubernur Kaltim urut nomor 4, Rusmadi Wongso sudah jadi bagian keluarga suku Dayak di Desa Miau Baru, Kecamatan Kongbeng, Kabupaten Kutai Timur. Sambutan itu terasa ketika ada prosesi tarian dan ada Dayak pada penyambutan kedatangannya, Rabu (18/4/2018).

Prosesi di Lamin itu diisi juga dengan tarian bersama. Rusmadi yang mengenakan rompi dan peci khas bermotif Dayak, mendapat sambutan antusias warga Dayak di sana. Ternyata, bagi keluarga Dayak di sana Rusmadi bukan orang asing lagi, bahkan telah menjadi keluarga karena salah seorang anaknya menikah dengan orang Dayak.
Foto: Rusmadi bersama warga Miau Baru (dok/jb)
"Saya punya kakak. Dia memiliki dua putri yang salah satunya menikah dengan anak Bapak Rusmadi," ujar Agus Pai, paman dari menantu Rusmadi di Lamin Adat Desa Miau Baru. 

Agus Pai lalu bercerita setelah Rusmadi mendorongnya agar menjelaskan hubungan kekerabatan mereka. "Ayo Amai Agus Pai tolong diceritakan. Supaya, jangan sampai ada anggapan Bapak Rusmadi mengaku-ngaku punya hubungan suku Dayak Kayan," kata Rusmadi sambil bercanda.

Rusmadi yang orangtuanya Jawa Blitar mengungkapkan anak pertamanya Heru Pratama memang menikahi perempuan suku Dayak. Sedangkan, istrinya adalah orang Kutai dari Loa Raya Tenggarong Kabupaten Kutai Kartanegara yang juga punya hubungan dengan orang Bugis dan Banjar.  

"Dalam keluarga kami, lengkap sudah dari berbagai suku-suku di Indonesia," kata Rusmadi. 
Dihadapan masyarakat suku Dayak Kayan, Rusmadi mengajak agar bijak memilih pemimpin daerah Kaltim dengan mengetahui seluk beluk pengalaman calon pemimpin yang akan dipilih.

"Bapak-bapak ibu-ibu harus tahu benar siapa dia (calon Gubernur). Apa saja pengalamannya dan patutkah jadi seorang Gubernur," kata Rusmadi.
Foto: Rusmadi Wongso (dok/jb)
Rusmadi mengucap syukur jalan di Kecamatan Kongbeng sudah mulus. Adapun, terdapat kerusakan jalan di beberapa titik. Itu karena kendaraan pengangkut sawit milik petani dan perusahaan. 

"Kenapa saya cerita jalan yang sudah baik di Kongbeng dibandingkan 10 tahun lalu. Karena, saya ingin bapak ibu tahu apa-apa saja yang sudah saya lakukan sebagai Kepala Bappeda dan Sekda membantu Gubernur Kaltim Awang Faroek," kata Rusmadi. 

Bersama Gubernur Kaltim Awang Faroek, Rusmadi turut membangun proyek-proyek besar seperti pusat kawasan industri Kariangau yang modern telah beroperasi, memulai bangun jalan tol, pelabuhan dan Bandara Samarinda Baru yang tahun ini beroperasi. 

"Proyek besar ini dikerjakan pemerintah untuk membuka lapangan kerja. Dan, selanjutnya  pemerintah yang bangun jalan-jalan, telah hadir pertokoan, perbankan dan warung," kata Rusmadi.

Rusmadi menjanjikan akan ada Rumah Sakit Pratama dibangun untuk melayani wilayah Muara Wahau, Kongbeng dan Telen. Sebelumnya, dirinya bersama Gubernur Awang Faroek telah berhasil bangun Rumah Sakit Pratama di Talisayan.

"Pembangunan rumah sakit di Kecamatan daerah pelosok. Agar tak banyak lagi masyarakat yang berobat meninggal dunia di jalan ketika keadaan darurat," jelas Rusmadi.(#4TimMedia)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Design by Free WordPress Themes | Re Design by Raditya Designer Art - Jasa Buat Website