Komisi III DPRD Balikpapan, Sidak Pengerukan Dermaga Pertamina

Kamis, 19 April 2018
BALIKPAPAN-Rombongan anggota Komisi III DPRD Balikpapan, bersama Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Dinas Perizinan (BMP2T) Balikpapan serta pihak dari pertamina terjun ke lokasi pengerukan jetty (dermaga). Gun melakukan penyidakan pengurungan dilakukan Pertamina RU V Balikpapan, Rabu (18/4/2018).
Foto: Nazaruddin Ketua Komisi III DPRD Balikpapan (fadli/jb)
Lokasi  sidak,  Dermaga Kampung Baru dan Dermaga milik Pertamina RU V Balikpapan. Komisi III DPRD Balikpapan menilai, beberapa masalah perlu disikapi dalam sidak tersebut. Khususnya, dermaga Pertamina di Kampung Baru, Balikpapan Barat. Adanya penyempitan muara sungai akibat reklamasi, penebangan mangrove dan pengadaan bahan batu suplai yang belum memiliki izin.

Ketua Komisi III DPRD Balikpapan Nazaruddin mengatakan, pengawasan pemerintah kota Balikpapan dinilai tidak maksimal, sehingga dalam pekerjaan  dermaga pihak pertamina, adanya kejanggalan yang perlu dikoordinasikan.

Kita lihat saja di situ ada penebangan manggrove karena setiap penebangan satu pohon mangrove,  harus ada izin minimal koordinasi biar nanti ada kompensasi," ungkap Nazar.

Nazaruddin menambahkan, langkah dewan akan memberhentikan pekerjaan dermaga tersebut. Agar pihak management Pertamina memenuhi izin. Penyempitan sungai akibat kegiatan reklamasi seharusnya memenuhi izin amdal.

Saat dikonfirmasi pihak DLH (dinas lingkungan hidup) Balikpapan, mengamini kegiatan reklamasi dermaga dilakukan Pertamina belum mengantongi izin.

Nazaruddin menegaskan, dampak negatif ditimbulkan reklamasi itu, adanya penyempitan Muara Sungai. Masyarakat nelayan di sekitar wilayah itu, tidak dapat melaut, karena terjadinya pendangkalan.  

Belum lagi dimusim penghujan air dari atas (darat/ perbukitan), akan terjadinya penyumbatan jika terjadi air pasang. Kami meminta sebelum proyek dermaga dilanjutkan pihak Pertamina diminta legalitasnya terlebi dahulu, selanjutnya kami juga akan melakukan RDP (rapat dengar pendapat), pungkasnya.(fadli)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Design by Free WordPress Themes | Re Design by Raditya Designer Art - Jasa Buat Website