Ratusan Jamaah Arafah Tamasyah Mulia Balikpapan Batal Umroh

Sabtu, 28 April 2018
BALIKPAPAN-Ratusan jamaah umroh PT. Arafah Tamsyah Mulia (ATM) batal menunaikan umroh ke tanah suci. Batalnya keberangkatan jamaah itu dikarenakan pihak ATM belum mengantongi izin resmi perjalanan umroh dari Kemendepag.

Seorang jamaah ATM Balikpapan Eka menjelaskan, dirinya tidak jadi berangkat dikarenakan jadwal keberangkatan selalu ditunda pihak ATM. Sebentara pihaknya mendaftarkan diri dalam perjalan umroh ke ATM melalui program marketing khusus. Hanya membayar Rp.5 juta.
Foto: Eka jamaah ATM Balikpapan (ay/jb)
“Kami jamaah umroh sangat menyesalkan sikap ATM tidak bertanggung jawab terhadap jamaah. Kami mendaftar melalui program khusus marketing senilai Rp.5 juta. Kesannya ditipu saja, kami tergiur dikarenakan pihak ATM selalu memberi kami iming-iming paket umroh murah,” kesal Eka.

Senada dikatakan H (inisial) juga seorang jamaah ATM Balikpapan berkantor Gunung Malang, nasib yang sama dialaminya sebagaiamana jamaah lainny juga batal diberangkatkan. Sebelumnya, jadwal keberangkatan pada tanggal 29 Maret 2018 dibatalkan hingga tanggal 12 April juga dibatalkan. Kemudian pihak ATM menjanjikan akan memberangkatkan jamaahnya pada tanggal 26 April juga tak kunjung diberangkatkan. Selanjutnya, jamaah kembali dijanjikan untuk diberangkatkan pada 3 Mei 2018 juga belum diberangkatkan.

Sebanyak lima kali keberangkatan tertunda tersebut, Eka dan H (inisial) dinilai merugikan jamaah. Ia meminta pertanggung jawaban pihak ATM agar dana setoran mereka segera dikembalikan.

“Kami juga sudah menghadap wakil direktur ATM namun, jawaban mereka malah tidak manusiawi. Bahkan, pihak direktur ATM pun hingga saat ini tidak dapat ditemui,” ungkap Eka.
Untuk diketahui, sebelumnya pihak Kabid Pembinaan Haji dan Umrah Kemenag Provinsi Kaltim, H Jahran meluruskan penyampaiannya Kamis (18/1) lalu terkait travel umrah yang gagal memberangkatkan para jemaahnya. Bahwa, PT Arafah Tamasya Mulia (ATM) tidak pernah mendapatkan surat teguran. Melainkan, hanya surat imbauan agar memasang biaya umrah sesuai ketentuan yang sudah dikeluarkan Kementerian Agama.(ron/*)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Design by Free WordPress Themes | Re Design by Raditya Designer Art - Jasa Buat Website