Rusmadi Sikapi, Daerah Rawan Longsor

Rabu, 11 April 2018

SEPAKU-Calon Gubernur Kaltim nomor urut 4, Rusmadi meminta pemerintah daerah Kabupaten Panajam Paser Utara segera turun tangan menangani bencana tanah longsor di Desa Telemow Kecamatan Sepaku. 

"Laporkan ke Dinas PU dan Dinas Energi Mineral agar diketahui penyebab longsor dari ahli geologi. Bahaya, kalau kita tidak tahu apa-apa kejadian longsor ini," kata Rusmadi kepada Kepala Desa Telemow, Wakid Santoso, Selasa (10/4/2018).
Foto: Rusmadi bersama warga Desa Telemow (dok/jb)
Rusmadi sempat hendak masuk ke pemukiman warga yang ambruk terkena tanah longsor. Namun, dicegah warga, karena dikhawatirkan membahayakan jiwa. "Jangan turun Pak," kata salah satu warga.

Kondisi tanah longsor terus bergerak. Apalagi, cuaca hujan yang turun membuat tanah retak-retak membuat warga melintas di jalan raya menjadi panik. Pemeriksaan tanah longsor dari Dinas PU Kabupaten PPU sedang menuju lokasi.  

Setelah meninjau rumah yang ambruk dari jalan raya, Rusmadi lalu kunjungi dapur umum korban tanah longsor berada di seberang jalan. 

"Mudahan, ibu-ibu membantu memasak mendapat pahala dari Allah SWT. Amin," kata Rusmadi menyapa para ibu sibuk memasak.
Foto: Rusmadi bersama terkena bencana longsor (dok/jb)
Doa Rusmadi lalu disambut kaum ibu dengan doa bersama. "Amin Pak, Amin," kata ibu-ibu dibawah tenda. 

Kepala Desa Telemow, Wakid Santoso mengatakan saat ini korban tanah longsor sebanyak 88 jiwa mengungsi di tempat keluarga dan tetangga. 

"Kami juga terus memberi laporan terbaru kepada pemerintah daerah agar diketahui Badan Penanggulangan Bencana Daerah," katanya. 

Selain menyapa kaum ibu di dapur umum tenda korban longsor, Rusmadi sempat minum teh bersama petugas BPBD. Sesekali, Rusmadi memberi semangat kepada petugas agar kerja lebih semangat dan ikhlas serta terus berdoa. "Sehat selalu ya Pak," katanya. 

Desa Telemow berada dekat perusahaan kayu ITCI. Tak sedikit para pekerja sawit dan HTI (Hutan Taman Industri) tinggal di desa ini. Kondisi jalan menuju desa ini dari jalan poros belum mulus. Rusmadi menjanjikan dalam tiga tahun memimpin Kaltim akan memberikan perhatian kepada desa Temelow.(#4TimMedia)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Design by Free WordPress Themes | Re Design by Raditya Designer Art - Jasa Buat Website