BPK: Semua Wajib Kawal Harta Negara, Termasuk Pelajar

Sabtu, 6 Mei 2018
BALIKPAPAN-Tugas dan peran Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) adalah sebuah lembaga negara yang bertugas memeriksa pengelolaan dan tanggung jawab tentang keuangan negara.  Peran dan tugas pokoknya bisa diuraikan dalam dua hal. 

Selain, BPK adalah pemeriksa semua asal-usul dan besarnya penerimaan negara, dari manapun sumbernya. Selanjuntya, BPK harus mengetahui tempat uang negara itu disimpan dan untuk apa uang negara itu digunakan. Demikian salah satu materi disampaikan BPK RI dalam kegiatan festival film kawal harta negara di aula pemkot Balikpapan, Sabtu (5/5/2018).
Foto: Harry Azhar Aziz (fadli/jb)
Anggota VI BPK RI Harry Azhar Aziz mengatakan, kegiatan festival film kawal harta negara di Balikpapan, dapat memompa kesadaran publik khususnya, dikaum muda buat mereka yang nanti akan menjadi pemimpin-pemimpin bangsa dimasa mendatang.

Ia menegaskan pelajar SMA, SMK, Mahasiswa juga masyarakat umum sebagai peserta dalam acara festival film. Memberikan kesempatan dan mudah-mudahan inti dari cerita festival film ditampilkan dalam acara tesebut, dapat mengambil manfaatnya.

“Sebuah cerita sangat sederhana agar anak muda sekolah,  iya....corat-coret dinding sekolah, tidak tahu itu apa manfaatnya. Sehingga, menjadi kerusakan fasilitas sekolah. Padahal sudah dilarang oleh ibunya,  sudah dilarang oleh gurunya ngga berubah. Selanjutnya, dilarang pacarnya baru berubah menjadi lebih baik,” ungkapnya dalam sebuah cerita.

Padahal sangat penting untuk tidak mecorat-mencoret sekolah, Karena sekolah itu adalah harta negara yang dibelanjakan melalui APBN, APBD dan berwujud menjadi harta negara atau aset negara dalam bentuk sekolah, tegas Harry, mengurai cerita ditampilkan.   

"Kami menggunakan media film dalam penyampaian ini, dikarenakan media film adalah salah satu wadah cepat dicerna dan diperhatikan. Bentuk animasi, juga pernah kami lakukan. Mungkin nanti barang kali perlombaan puisi juga ada atau pantun atau apa saja yang bisa berbagi macam media bisa dilakukan. Yang terpenting publik owernya tentang kepentingan menjaga harta negara bisa meningkat di seluruh masyarakat Indonesia dan khusus di Balikpapan,  terangnya.

Kesempatan yang sama Asisten I pemkot Balikpapan Sayid MN Fadli dalam sambutannya, mewakili Plt. Walikota Balikpapan, pemerintah kota Balikpapan, sangat mendukung dengan acara ini festival film kawal harta negara melibatkan kaum pelajar, mahasiswa dan masyarakat umum.
Foto bersama BPK dan pemkot Balikpapan (fadli/jb)
Menurutnya, semua wajib menjaga harta negara termasuk pelajar yang kelak akan menjadi penerus bangsa. Sehingga, mereka tidak buta tuli dengan BPK,  apa itu BPK, Apa tugasnya, mengapa ada dan lain-lainya. “Pelajar khsususnya, yang hadir supaya memahami apalagi dikemas secantik seperti, lewat sebuah Film, singkatnya.

Untuk diketahui, kegiatan tersebut  selain di laksnakan, di Balikpapan, sebelumnya, juga dilaksanakan di Surabaya dan Aceh.  Selanjutnya, akan diselenggarakan di Makassar, Ambon dan ke Bandung.

Terpilihnya Balikpapan sebagai salah satu tempat kegiatan, dikarena Balikpapan mewakili miniatur heterogen dari masyarakat Indonesia.

Penulis: fadli
Editor: A. Yani

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Design by Free WordPress Themes | Re Design by Raditya Designer Art - Jasa Buat Website