Direskrimum Polda Kaltim, Razia Premanisme

Kamis, 10 Mei 2018
SAMARINDA- Direskrimum Polda Kaltim Kombes Pol. Andhi Triastanto melalui Kasubdit Jatanras Polda Kaltim, Kompol Yohanes melakukan razia preman yang selama ini banyak meresahkan masyarakat, khususnya Kota Samarinda, Kamis (10/5/2018).

Sedikitnya, lima preman terjaring dalam razia tersebut, preman terjaring langsung digelandang masuk mobil polisi,  Kamis (10/5/2018) dini hari. Preman tertangkap itu merupakan komplotan preman yang suka memeras para supir truk yang melintas di sejumlah jalan poros Samarinda, Kalimantan Timur (Kaltim).
Foto: Tim Jatanras Polda Kaltim (abd/jb)
"Kami menerima informasi masyarakat. Kegiatan yang dilakukan mereka (preman) sudah meresahkan masyarakat. Makanya, kami perintahkan anggota lidik untuk melakukan penangkapan," ungkapnya.

Dalam melancarkan aksinya, sasaran komplotan preman melakukan pemalangan, terhadap kendaraan besar sedang melintas. Jenis kendaraan dipalang, dump truck R10, kendaraan alat berat dan jenis truk fuso.   

“Mereka menaruh portal yang bertuliskan POS PORTAL dengan judul mobilisasi, kemudian disertai keterangan jenis kendaraan,” jelasnya.

“Termasuk melakukan pengancaman terhadap para supir dengan menggunakan senjata tajam, agar menyetor 'uang jalan' kepada mereka,” bebernya.

Lebih lanjut, Yohanes menyebutkan, kegiatan operasi pemberantasan premanisme dan pungli di  wilayah  hukum  Polda  Kaltim berdasarkan surat perintah Kapolda Kaltim nomor: Sprint/ 787 / V / RES.1.24/2018 tanggal 9 Mei 2018.

"Saat ini kelima warga yang terbukti melakukan tindakan pidana pemerasan atau pungli tersebut, sudah diamankan di Mapolda Kaltim untuk proses lebih lanjut," tandas Yohanes.

Adapun nama-nama mereka yakni, Julkifli (27), Deni (43), Hadi (41), Sarlan (57), dan Suridno (34). Kelimanya melancarkan aksinya di wilayah Samarinda, mulai dari Bilangan, Sungai Damak Samarinda Hilir dan Sambutan. 

Adapun barang bukti disita di TKP, senjata tajam berupa badik, buku rekapan setor, lima telepon genggam, senter, uang sejumlah Rp.1 juta dan papan portal.
Penulis: Abidin
Editor: A. Yani

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Design by Free WordPress Themes | Re Design by Raditya Designer Art - Jasa Buat Website