PDAM: Kurang Sumber Air, Daftar Tunggu 5000 Sambungan

Foto: Dirum PDAM Balikpapan Khaidir (fadli/jb)

Selasa, 8 Mei 2018 
BALIKPAPAN-Kelangkaan air bersih masih terkendala di Kota Balikpapan, Apalagi jika musim kemarau datang. Tak ayal masyarakat Balikpapan khususnya sangat kecewa dengan kurangnya tampungan air bersih. Sampai menghambat pelanggan PDAM untuk menyambung pipa air bersih ke rumah masyarakat Balikpapan.

Di sela-sela Istirahat coffe morning di kantor walikota pada hari Senin, (7/5/2018). Jurnal Balikpapan mengkomfirmasi Direktur Umum PDAM Balikpapan yang turut hadir dalama rapat bersama OPD (organisasi Perangkat Daerah) dan Plt.Walikota Balikpapan.

Direktur Umum PDAM Balikpapan Khaidir mengatakan, memang saat ini PDAM kekurangan air penampungan. Sedangakan waduk teritip masih masuk tahap pengisian yang menghambat pemasangan PDAM pada pelanggan. Untuk saat ini baru terpasang 98.000, sementara daftar tunggu belum terpasang Sekitar 5.000 pelanggan baru.

"Selain kurangnya pemasukan penampungan air, ada juga beberapa sebab pemasangan pipa pelanggan juga belum terpasang. Yaitu, tidak adanya pipa, pemasangan yang jauh dari pipa induk milik PDAM. Sehingga, yang bisa ditoleransi yaitu 12 meter dari tempat induk.  Kalau jauh dari pipa induk berarti pasang dulu pipa Unduknya supaya bisa mendekati angka 12 meter tersebut, ungkapnya.

Target pengisian penampungan air di waduk teritip, awal tahun 2019 paling cepat akan terpasang. Dan jika bisa digunakan waduk teritip itu bisa digunakan untuk menambah 20.000 sambungan, tandasnya.
Penulis: Fadli
Editor: A. Yani

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Design by Free WordPress Themes | Re Design by Raditya Designer Art - Jasa Buat Website