Pentingnya Menjaga, Kearifan Lokal dan Keserasian Sosial

Foto bersama peserta sarasehan kearifan lokal & keserasian sosial (ay/jb)

Selasa, 8 Mei 2018
SAMARINDA-Pentingnya kearifan lokal dan keserasian sosial dalam kehidupan masyarakat, sebagai jaminan dalam keamanan dan kenyamanan dalam lingkungan masyarakat secara umum. Kearifan lokal dan keserasian sosial sangat penting dalam kehidupan masyarakat demi keberlangsungan hidup yang harmonis.

Direktorat Jenderal Perlindungan Jaminan Sosial Suprapto mengatakan, kearifan lokal dan keserasian sosial perlu dipertahankan dan lingkungan masyarakat. Sehingga, kehidupan masyarakat dalam perjalanan selaras. Perbedaan budaya dan adat sebuah kekuatan bangsa dalam menyatukan keberagaman dalam berbangsa dan bernegara.

“Kearifan lokal perlu dikembangkan dan lestarikan demikian juga dengan keserasian sosial. Dampak dari bencana sosial akan lebih berbahaya dibanding dampak bencana alam. Bencana sosial dapat mempengaruhi psikologi manusia dalam lingkungan masyarakat. Diperlukan rehabilitasi dan rekontruksi fisik dan psikisnya,” demikian dikatakanya dalam acara sarasehan kearifan lokan dan kesesrasian sosial oleh Dinas Sosial Provinsi di Samarinda, MJ Hotel, Selasa (8/5/2018).

Menurutnya, dinas sosial memiliki berbagai kegiatan dan program dalam penanggulangan bencana sosial, termasuk pasca bencana, trauma konflik dan lainnya. Demikian juga dengan kearifan lokal masyarakat harus memanfaatkan hal tersebut demi terciptanya keamanan di lingkungan masyarakat.

“Termasuk pesta demokrasi atau tahun politik akan dihadapi diperlukan pencegahan khususnya, konflik sosial rawan terjadi. Kami mengharapkan, Kaltim secara umum dapat kondusif dalam tahun-tahun mendatang,” harap Suprapto.

Hal tersebut diamini Kepala Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial Dinas Sosial Provinsi Kaltim Ahmadin, penanganan konflik di Kalimantan Timur (Kaltim) dapat tertangani dengan cepat. Bahkan, bisa dikatakan konflik sosial di Kaltim secara umum belum pernah terjadi secara signifikan.

“Kami mengharapkan Dinas Sosial di semua Kabupaten/ Kota di Kaltim dapat memaksimalkan program kearifan lokal dan keserasian sosial dalam lingkungan masyarakat. Agar pencegahan dapat dideteksi dan dicegah lebih awal,” ungkapnya, dalam pembukaan acara sarasehan kearifan lokal dan keserasian sosial tersebut.

Untuk diketahui, acara sarasehan kearifan lokal dan keserasian sosial diikuti 35 peserta dari Dinas Sosial sembilan Kabupaten dan Kota di Kalimantan Timur.
Penulis/ editor: Yani
   

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Design by Free WordPress Themes | Re Design by Raditya Designer Art - Jasa Buat Website