Rusmadi-Safaruddin, Akan Tingkatkan Taraf Hidup Petani

Minggu, 6 Mei 2018
SAMBOJA - Calon Gubernur Kaltim nomor urut 4, Rusmadi siap membantu para petani Kelurahan Handil Baru Kecamatan Samboja Kutai Kartanegara, Sabtu (5/5/2018). Rusmadi berharap lembaga ekonomi masyarakat seperti koperasi dan kelompok tani di daerah tersebut lebih digalakkan. 

"Insya Allah, bantuan pupuk, pestisida dan bibit di Handil Baru, Rusmadi-Safaruddin akan membantu. Koperasi dan kelompok petani lebih ditingkatkan dengan beli sarana produksi pertanian secara bersama dan menjual hasil tani bisa bersama supaya lebih menguntungkan," kata Rusmadi.
Foto: Rusamdi Wongso (dok/jb)
Dengan adanya koperasi dan kelompok tani digiatkan, Rusmadi-Safarudin sebagai calon Gubernur dan wakil Gubernur Kaltim juga siap membantu permodalan. Dengan suku bunga lebih rendah di bawah 7 persen dibanding suku bunga Kredit Usaha Rakyat (KUR) di Indonesia dan tanpa perlu jaminan agunan.

"Bantuan pemerintah ke para petani, sudah menjadi kewajiban. Ini agar kebutuhan pangan di Kaltim terpenuhi," jelas Rusmadi. 

Selain itu, dalam program 2018-2023 Rusmadi-Safaruddin siap menyalurkan dana desa mandiri Rp 5 miliar bagi Kelurahan Handil Baru sepanjang masyarakat bergotong-royong dan siap bersaing dengan desa lainnya membangun pertanian.

"Kalau saya saran, jangan para petani ini, masing-masing mencari pupuk dan pestisida. Tapi harus dirundingkan, musyawarah mufakat dengan usaha sama-sama. Untungnya bukan orang per orang lagi, tapi untungnya kelompok dan dibagi sesama anggota," kata Rusmadi ketika kampanye dialogis dengan petani Handil Baru. 

Selain masalah pertanian, Rusmadi-Safaruddin siap membantu masyarakat yang tidak berkemampuan di Handil Baru. Bantuan berupa kecukupan pangan dan menjamin masyarakat yang berobat tidak lagi ditolak rumah sakit.

"Di bidang pendidikan, kita harus bersama bantu bagi anak putus sekolah yang tidak mampu. Ketua RT dan Lurah harus melaporkan jika ada anak putus sekolah, agar cepat dibantu. Karena ketika saya menjabat Gubernur, mewajibkan sekolah 12 tahun," kata Rusmadi. 

Bagi petani Handil Baru, Rusmadi baru satu-satunya calon Gubernur Kaltim yang datang ke daerah tersebut. Warga kompak seluruhnya mendukung Rusmadi-Safaruddin sebagai calon Gubernur Kaltim yang serius memperhatikan para petani. 

Saat dialog, para petani meminta perhatian Rusmadi memberikan bantuan alat hand traktor, perbaikan pintu air irigasi dan pembangunan jalan usaha tani. Selain itu, masyarakat juga meminta dukungan pendirian daerah otonomi baru Kabupaten Kutai Pesisir. 

"Insya Allah, baru hanya pasangan calon Rusmadi dan Safaruddin yang telah tandatangan dan menyatakan komitmennya pendirian Kabupaten Kutai Pesisir. Karena, bagi saya, sederhana sekali. Saya maju pemilihan gubernur untuk melayani masyarakat," jelas Rusmadi.(#4TimMedia)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Design by Free WordPress Themes | Re Design by Raditya Designer Art - Jasa Buat Website