Si Jago Merah Masih Menghantui Balikpapan

Foto: Kepala BPBD Balikpapan Suseno (fadli/jb)

Selasa, 8 Mei 2018
BALIKPAPAN-Musibah kebakaran sering terjadi di Balikpapan. Bukan hal baru lagi, bak langganan si jago merah bahkan masih menghantui. Padahal penyebabnya sanggat sepeleh bahkan kelalaian oknum pelakunya. Seperti lupa mematikan kompor,  masakan ditinggal,  lilin terkena kain, obat nyamuk terkena korden. Sehingga, itulah bisa menjadi penyebab terbesar kebakaran di Balikpapan.

Selain kebakaran komersil atau rumah,  kebakaran lahan dan kebakaran hutan juga sering terjadi. Penyebabnya adalah musim kemarau tidak ada hujan, pembakaran sampah di sekitar lahan atau hutan. Banyak penyebab-penyebab yang dapat membangkitkan si jago merah untuk menghambur-hambur.

Kepala BPBD Balikpapan Suseno mengatakan, di 2018 ini menjadi tahun terbanyak mengalami kebakaran di Balikpapan, saat ini sudah ada 12 kali kejadian musibah kebakaran. Seperti, diawal tahun kebakaran terbesar di Klandasan. Kalau ditahun 2017 sekitar 80 kasus kebakaran termasuk kebakaran hutan,  lahan dan rumah.

"Di tahun ini sudah ada dua kebakaran lahan, di wilayah Daksa dan diseputaran TPA. Sudah ada delapan kali kebakaran lahan dan hutan. Namun, bukan lahan atau hutan saja, yang dapat kebakaran. Sebelumnya, di Prapatan di sebabkan membakar sampah terus ditinggal dan untung saja, ada warga sekitar yang sigap bahu-membahu untuk memadamkan api tersebut,” ungkapnya.

Jika melihat adanya kebakaran segera menghubungi petugas yang ada.  Petugas itu bukan hanya dari BPBD tetapi bisa Kelurahan, Kecamatan, TNI, Polri dan lainnya,  tandas Suseno.
Penulis: Fadli
Editor: A. Yani

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Design by Free WordPress Themes | Re Design by Raditya Designer Art - Jasa Buat Website