KPU Balikpapan, Laksanakan Sosialisasi Silon ke Parpol

Selasa, 12 Juni 2018
BALIKPAPAN-KPU Balikpapan melaksanakan tahapan sosialisasi pencalonan dan penggunaan silon (sistem informasi pencalonan) anggota DPRD Kota, bagi Partai Politik peserta pemilu 2018, di Blue Sky Hotel, Selasa (12/6/2018).

Ketua KPU Balikpapan Noor Thoha mengatakan, tahapan silon (sistem informasi pencalonan) merupakan tahapan administrasi, akan dilakukan setiap calon anggota legislatif, untuk maju dalam pileg 2019 mendatang.
Foto: Noor Thoha Ketua KPU Balikpapan (yani/jb)

Menurutnya, tahapan pileg 2019 kini, memasuki  penetapan pemilih sementara untuk tingkat Kecamatan.

“Pertanggal 1 Juli 2018, akan memasuki masa pencalonan, sehingga setiap calon legislatif, menyerahkan berkas pencalonannya ke partai masing-masing. Melalui operator partai untuk dilakukan input data sesuai berkas yang masuk,” ungkapnya.

“Sangat berbeda dengan tahun sebelumnya, proses pencalonan dilakukan penyerahan berkas secara manual. Untuk kali ini, berkas pencalonan dilakukan dengan sistem silon. Sehingga, lebih prkatis dan lebih mudah,” jelasnya.

Noor Thoha menambahkan, sebenarnya silon (sistem informasi pencalonan) dilakukan pihak operator partai. Mestinya, setiap operator telah dilakukan Bimtek dimasing-masing partainya setiap tingkatan. Namun, hingga saat ini sesuai informasi didapatkan tidak satupun operator partai dilakukan Bimtek oleh partainya.

“Inisiatif ini kami lakukan, jika tidak, bagaimana kalau tahapan pencalonan dilaksanakan dan operator partai tidak siap. Atau macet saja, kan bisa kacau jadinya, kami tidak mau mengambil resiko,” tegas Thohari.
Foto: Peserta Silon (yani/jb)
“Meskipun, silon ini memiliki landasan yuridis sendiri, yaitu PKPU yang mengatur tentang, pencalonan. Saat ini terganjal satu pasal yakni, mantan koruptor, tidak boleh dilakukan pencalonan,” jelasnya.

“Meski demikian, hal ini kita lakukan terlebih dahulu, adapun perubahannya nanti akan menyesuaikan. Namun, teknisnya tidak ada perubahan,” pungkasnya.

Untuk diketahui, tahapan Pemilihan Gubernur (pilgub) Kaltim 2018, KPU Balikpapan saat ini, tengah melakukan pengepakan logistik. Sebelumnya, telah melakukan pelipatan kertas suara, termasuk tahapan kampanye.
Penulis: Ron
Editor: Ahmad Yani  

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Design by Free WordPress Themes | Re Design by Raditya Designer Art - Jasa Buat Website