KPU Balikpapan, Pleno Hasil Suara Pilgub 2018

Rabu, 4 Juli 2018
BALIKPAPAN – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Balikpapan menggelar Rapat Pleno Rekapitulasi Hasil Penghitungan Suara Pilgub Kaltim 2018 di Hotel Novotel Jalan Eri Suparjan Balikpapan, Rabu (04/07/2018). 

Rapat pleno tingkat kota yang dipimpin Ketua KPU Kota Balikpapan Noor Thoha ini menetapkan pasangan calon (paslon) nomor urut 4 Rusmadi-Safaruddin sebagai peraih suara terbanyak pertama dalam Pilgub Kaltim yang dilaksanakan pada 27 Juni 2018 lalu.
Foto: Ketua KPU Balikpapan Noor Thoha

Pasangan Rusmadi-Safaruddin mendapatkan 83.491 suara, disusul paslon nomor urut 1 Sofyan Hasdam-Rizal Effendi sebagai peraih suara terbanyak kedua dengan perolehan suara 82.488 suara.

Pasangan Rusmadi-Safaruddin unggul tipis dari pasangan Sofyan Hasdam-Rizal Effendi yakni sebanyak 1.043 suara. Sedangkan diperingkat ketiga, paslon nomor urut 3 Isran Noor-Hadi Mulyadi memperoleh suara sebanyak 68.647 suara. Sementara paslon nomor urut 2 Syaharie Jaang-Awang Ferdian Hidayat mendapatkan suara sebanyak 22.155 suara.

Ketua KPU Balikpapan Noor Thoha mengatakan, KPU Balikpapan sengaja menggelar Rapat Pleno Rekapitulasi Hasil Penghitungan Suara Pilgub Kaltim 2018 secara terbuka ini agar ada waktu lebih jika nanti terdapat koreksi perhitungan.

Satu per satu PPK masing-masing Kecamatan membacakan hasil rekapitulasi perhitungan suara.
Dari empat tim pasangan calon, hanya tim dari paslon no 4, Rusmadi-Safaruddin yang meminta waktu memberikan beberapa catatan perjalanan Pilgub di Balikpapan.

“Selama tidak ada sanggahan dari tim paslon dalam penghitungan suara ini, maka KPU Balikpapan akan melanjutkannya ke tingkat provinsi,” kata Noor Thoha.

“Mereka yang keberatan atas hasil penghitungan suara ini diberikan kesempatan mengajukan keberatan ke KPU Provinsi lewat jalur formulir DB2,” tambah Noor Thoha.

Dia menambahkan, kalaupun terdapat keberatan dari tim saksi pasangan calon seperti catatan dan kejadian khusus di tahapan ini, bisa dicatat dan dievaluasi.

Pleno terbuka penghitungan seluruh suara di 6 kecamatan di Balikapapn ini, dihadiri sejumlah pejabat diantaranya Kapolres Balikpapan, AKBP Wiwin Fitra, Wakil Ketua DPRD Balikpapan Thohari Aziz, Dandim 0905 Balikpapan, Komisioner KPU dan Panwaslu Balikpapan, Kabid Linmas Satpol PP Balikpapan Subardiyono, hingga perwakilan penyelenggaraan pemilu kecamatan (PPK) dan perwakilan saksi tim pasangan calon yang berlaga.

Berikut hasil penghitungan suara tingkat kota yang digelar KPU Balikpapan:
1. Sofyan Hasdam-Rizal Effendi, 82.488 suara.
2. Syaharie Jaang- Awang Ferdian, 22.155 suara.
3. Isran Noor-Hadi Mulyadi, 68.647 suara.
4. Rusmadi-Safaruddin, 83.491 suara.
Sumber: KPU Balikpapan
Editor: Redaksi

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Design by Free WordPress Themes | Re Design by Raditya Designer Art - Jasa Buat Website