Perlunya Perhatian, Terhadap Disabilitas

Kamis, 12 Juli 2018
BALIKPAPAN-Ketua Perkumpulan Penyandang Disabilitas Balikpapan, Sugianto menyatakan pihaknya ingin menyalurkan aspirasi dan memerlukan perhatian lebih dari pemerintah.
Foto: Sugianto (fadli/jb)
 "Jangan cuma saat pemilu kami dibutuhkan dan dicari. Tapi setelah itu siapa kamu?," kesalnya.

"Selain diperhatiakan, kami juga ingin difasilitasi dan dilindungi. Karena itu sudah menjadi kewajiban pemerintah, Khususnya Kota Balikpapan. Perlu di Garis Bawahi, melindungi kami bukan berarti kami manja. Karena itu menjadi kewajiban dan memfasilitasi hal seperti itu," ungkapnya.

Disinggung masalah akses ketenagakerjaan dibidang Pegawai Negeri Sipil, Sugianto menilai, pihaknya juga sangat sulit untuk mendaftar CPNS. Karena disitu ada klausul sehat jasmani dan rohani, Dan itu masih diperdebatkan. Dalam artian jasmani dan rohani itu seperti apa, itu yang perlu dikaji kembali. 

"Kalau dibilang sehat, kami pun sehat. Baik Jasmani maupun Rohani. Contohnya saya pribadi, sudah 3 (tiga) kali mendaftar CPNS selalu gugur dan sampai terbatas Usia. Tapi adik-adik kami banyak ingin masuk di PNS, ya mungkin karena klausul tersebut jadi tergugurkan," katanya dalam forum diskusi gelaran Komisi IV DPRD Balikpapan, di Hotel Platinum Rabu (11/7/2018).

Kalau untuk ketenagakerjaan di Balikpapan kami berharap, seperti yang disampaikan narasumber, Pelayanan Rehabilitas Sosial Bagi Penyandang Disabilitas, Tuna Sosial dan Korban perdagangan anak di luar panti tersebut. 

"Dinyatakan perusahan-perusahaan harus mendapat panismen atau rewad apabila mereka memperkejakan kaum disabilitas," pungkas Sugianto
Penulis: Fadli
Editor: Ahmad yani

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Design by Free WordPress Themes | Re Design by Raditya Designer Art - Jasa Buat Website