Selalu Waspada, Penipuan Kembali Marak

Jumat, 13 Juli 2018
BALIKPAPAN-Maraknya penipuan terjadi akhir-akhir ini, bahkan berbagai cara dan modus dipakai. Seperti, yang dialami Mawar (nama samaran, red) yang tidak ingin disebut namanya. 

Kejadian itu terjadi dihari Rabu (11/7/2018). Bahkan Mawar sempat konsultasi ke Polsek Balikpapan Barat saat penipu masih beraksi.
Foto: Albert Manullang (fadli/jb)
Mawar mengatakan, Kejadian itu sepulang kerja. Asik berbaring di rumah, ada telpon tak dikenal menelpon diriku. Aku bilang, siapa ini. Dia mengatakan masa ngga kenal. Saya sempat berfikir bahwa itu salah satu Dosen saya dikampus, karena suara dan lagat bicaranya sama. 

Akhirnya dia bilang iya. Dia bilang nemu dompet dijalan, Ada 2 (Dua)  orang warga melihat dan ingin ambil dompet tersebut. Penipu yang saya anggap Dosen saya, ditahan dan meminta Pulsa 100.000 (seratus ribu) 2 (dua) nomer berbeda sebagai atur damai. Karena saya anggap Dosen akhirnya saya turuti permintaan penipu itu karena kasihan, tapi katanya jangan bilang siapa-siapa. 

"Setalah beli Pulsa 200.000 (dua ratus ribu) 2 (dua) Nomer. Pelaku penipuan itu menelpon untuk menambah kembali dan katanya untuk lebih mudah bisa melalui ATM direkening Bank. Tapu tidak terjadi, karena saya merasa tertipu ternyata, Benar. Tak jauh dari Polsek Barat, singgahlah saya kesana untuk menceritakan semua kejadian," ungkapnya.

Albert  Manullang salah satu Anggota Polisi di Polsek Barat mengatakan, memang modus penipuan seperti itu kerap terjadi, bahkan banyak modelnya. 

"Waktu itu ada yang sampai jual motor. Kami juga merasakan kasihan kepada korban tersebut, tetapi kami tidak dapat melacaknya, karena nomer seperti itu ngga bisa dilacak," jelasnya.

"Untuk antisipasi terulang kembali, kami beserta jajaran kepolisian di Polsek Barat sudah memberi saran ke konter-konter pulsa. Seperti, mengingatkan pembeli apabila membeli Pulsa secara tidak wajar, apalagi sampai nambah berulang kali. 

Tegur pembeli, kasih arahan untuk istigfar dan lain-lain. Supaya pembeli tersebut sadar. Antisipasi ini sudah kami sebarkan konter pulsa Balikpapan Barat. 

Saran kami, Untuk lebih berhati-hati lagi jika ada telpon masuk di telepon seluler anda. Tanyakan, siapa orangnya, kalau perlu buat kata sandi atau ciri-ciri orang yang dimaksud dengan terbalik. 

"Contoh, asilinya gendut bilang aja kurus, kalau dia bilang iya, berarti dia salah dan itu bisa dugaan penipuan," jelasnya.
Penulis: Fadli
Editor: A. Yani

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Design by Free WordPress Themes | Re Design by Raditya Designer Art - Jasa Buat Website