Situs Makam Jepang di Manggar, Perlu Dijaga Kelestariannya

Sabtu, 07 Juli 2018
BALIKPAPAN-Situs bersejarah Makam Jepang terletak di Manggar, Balikpapan Timur, perlu dijaga kelestariannya, termasuk perlunya perhatian pemerintah kota.

Hal itu terungkap dalam penelitian arkeologi dihadiri beberapa tim yang sudah turun langsung kelapangan. Diantaranya, Wasita Nugroho, Nur Susanto, Nia Marniati, Wasita, Valentinus Atmoko BPCB Samarinda, Sabtu (7/7/2018).
Foto bersama Tim Arkeolog (ron/jb)
Kedatangan tim ini, berdasarkan adanya ketentuan Undang-undang terbaru tentang, peran pentingnya masyarakat dalam melestarikan cagar budaya ini khususnya, di Balikpapan.

Sesuai Undang-undang nomor 11 tahun 2010 yang harus diferifikasi ulang untuk memenuhi undang undang terbaru .                                   

Tim mengajak berdiskusi kepada tokoh masyarakat Manggar dan Lamaru, Balikpapan Timur, dihadiri RT setempat.

Lurah Kelurahan Manggar, Rusliansyah kelurahan manggar Baru, meminta agar situs-situs yang sudah ada untuk  lebih terjaga. Dan dapat dijadikan objek wisata.

Menurut warga setempat sebagai jupel situs banker jaman Jepang tersebut perlu mendapatkan perhatian pemerintah yang lebih.

Rusliansyah berharap, kedepannya agar pemerintah lebih memikirkan dan menjadi catatan agar situs-situs bersejarah ini dapat terawat dengan baik. Kelestariannya bukan hanya sekedar untuk dijaga saja.
Penulis: Roni
Editor: Ahmad Yani

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Design by Free WordPress Themes | Re Design by Raditya Designer Art - Jasa Buat Website