Pajak UMKM Sumbang 2% APBN

Kamis, 10 Agustus 2018
BALIKPAPAN-Kepala Kantor Pajak Wilayah Kalrim-Utara Simon Jaya mengatakan, tingkat kesadaran pembayaran pajak bagi usaha UMKM terus mengalami peningkatan. Pajak UMKM mampu menyumbang 2% dari APBN angka ini mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya.
Foto: Peserta Gathering Pajak UMKM Balikpapn.(ay/jb)
Menurutnya, kesadaran pajak bagi UMKM itu, juga terlihat untuk wilayah Balikpapan mencapai angka 40% usaha UMKM telah bayar pajak. Termasuk Tarakan juga mencapai angka 40% penyumbang pajak UMKM untuk wilayah Kaltim dan Kaltara.

"Pajak telah dibayarkan akan bermanfaat bagi pembangunan nasional. Baik sektor pendidikan, keamanan dan bidang sosial lainnya," ungmapnya dalam presentasi Gathering UMKM di ruang rapat Kantor Pajak DJP Kaltim-Utara di Balikpapan, Kamis(10/8/2018).

Senada disampaikan Kepala Kantor Pajak Balikpapan Budi Hernowo, sekecil apapun pajak dibayarkan dampaknya sangat luar biasa dalam pembangunan negara.

Ia menambahkan, pajak UMKM kini sesuai aturan hanya dipungut 0,5% sebelumnya 1% kebijakan ini berlaku selama tujuh tahun kedepan.

Menurutnya, penurunan presentase pajak UMKM 0,5% sebagai apresiasi pemerintah kepada pelaku UMKM agar sadar akan pajak. 

Hal ini juga sebagai sosialisasi bagi masyarakat untuk menumbuhkan kesadaran bayar pajak. Dan tidak dinilai sebagai momok yang menakutkan.
Penulis/Editor: Ahmad yani

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Design by Free WordPress Themes | Re Design by Raditya Designer Art - Jasa Buat Website