Pleno DPT, Tidak Boleh Ditambah Lagi

Selasa, 21 Agustus 2018
BALIKPAPAN-Sesuai dengan tahapan KPU Kabupaten/ Kota melakukan rapat pleno penetapan DPT (daftar pemilih tetap), digelar pada tanggal 20-22 Agustus, demikian dikatakan Ketua KPU Balikpapan, Noor Thoha pada acara Rapat Pleno DPT Pilpres dan Pileg 2019, Hotel Horison, Senin malam (20/8/2018).
Foto: M. Noor Thoha Ketua KPU Balikpapan.(ay/jb)
Ketua KPU Balikpapan Noor Thoha mengatakan, angka DPT berdasarkan hasil DPSHP (daftar pemilih sementara hasil perbaikan) dilakukan PPK (panitia pemilu kecamatan). Setelah rapat pleno DPT ini, KPU Balikpapan akan mengunci data tersebut. Tidak dapat dilakukan penambahan lagi.

Ia menambahkan, bagi masyarakat tidak terdaftar sebagai pemilih namun,  memiliki KTP dan memenuhi syarat pemilih. Masuk dalam daftar pemilih khusus (DPK).

"Mereka datang ke TPS membawa KTP, dapat menggunakan hak pilihnya diatas jam 12.00," ungkap Thoha.

Selanjutnya, KPU juga akan mengakomodir bagi pemilih pindahan.

"Tidak menutup kemungkinan orang Surabaya akan memilih di Balikpapan. Aturan sekarang tidak boleh satupun warga tidak dapat menggunakan hak suaranya. Sementara dirinya memenuhi syarat pemilih," ulas Ketua KPU Balikpapan.

Sementara pemilih pindah Kabupaten hanya dapat menggunakan hak suaranya, untuk Pilpres dan Pileg Pusat saja. Dan tidak dapat menggunakan hak suaranya untuk Kabupaten dan Kota.

Adapun pemilih pindahan, sebelumnya mencabut hak DPT daerah asal kemudian melapor ke daerah pemilih dituju.

"DPTP (daftar pemilih tetap pindahan) dapat menggunakan hak pilih setelah dilakukan rekap 30 hari sebelum pencoblosan," beber Noor Thoha.

Ia menambahkan, jumlah DPT setelah dilakukan DPSHP mengalami penurunan angka sekitar 500 pemilih. Jumlah DPT hasil DPSHP sebanyak 425.437 pemilih.
Penulis/Editor: Ahmad yani

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Design by Free WordPress Themes | Re Design by Raditya Designer Art - Jasa Buat Website