Si PANDU-MAS, Layani Peserta BPJS di RSUD Beriman

Senin, 13 Agustus 2018
BALIKPAPAN-Peningkatan pelayanan kesehatan dalam Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) terus digaungkan oleh BPJS Kesehatan sebagai penyelenggara program JKN-KIS.

Hal tersebut didukung langsung oleh Rumah Sakit Umum Daerah Beriman Kota Balikpapan sebagai mitra dari BPJS Kesehatan. RSUD Beriman Kota Balikpapan baru saja menciptakan SI PANDU – MAS (Sistem Pengelolaan Pengaduan Masyarakat) yang fungsinya adalah melayani masyarakat atau Peserta JKN-KIS untuk menyampaikan pengaduan.
Foto: Layanan si PANDU-MAS RSUD Beriman Balikpapan.(dok/jb)
dr. C.I Ratih Kusuma W sebagai Direktur RSUD Beriman Balikpapan menjelaskan bahwa Si PANDU-MAS ini terintegrasi dengan PIPP (Pemberian Informasi dan Penanganan Pengaduan) BPJS Kesehatan, jadi semua keluhan masyarakat khususnya yang berobat ke rumah sakit baik pasien JKN-KIS ataupun pasien umum akan dilayani dalam satu tempat.

Selain melalui SI PANDU-MAS ini, pengaduan bisa dilakukan melalui Media Sosial (Instagram dan Facebook), SMS, WhatsApp, Website, dan Email.

“PIPP ini merupakan suatu wadah masyarakat khususnya peserta JKN-KIS dalam menyampaikan keluhan dan pengaduan di rumah sakit, dan PIPP ini harus dimiliki oleh setiap rumah sakit," ungkapnya.

"Hal ini menjadi penting karena pada saat ini kita harus bisa menyerap aspirasi dari masyarakat yang bisa dijadikan umpan balik (feedback) dalam upaya peningkatan kualitas layanan kesehatan di rumah sakit. Nah untuk PIPP di RSUD Beriman Balikpapan sudah ada di SI PANDU – MAS ini.” ujar Ratih saat dikunjugi tim BPJS di ruangannya.

Keluhan atau pengaduan peserta JKN-KIS yang biasanya dilayani salah satunya adalah Pemberian Informasi tentang pelayanan di rumah sakit dan Pengaduan tentang kepesertaan JKN-KIS, jadi untuk peserta JKN-KIS yang memiliki kendala dalam mendapatkan pelayanan kesehatan di RSUD Beriman Kota Balikpapan bisa langsung mengunjungi SI PANDU-MAS ini.

Selain itu, RSUD Kota Beriman baru saja me- launching  Aplikasi 3 SIS. Aplikasi tersebut adalah Sistem Registrasi Online, Sistem Antrian Multimedia, dan Sistem Informasi Eksekutif yang bisa diakses oleh peserta JKN-KIS melalui website www.rsudberiman.com.

Sistem Registrasi Online ini akan berdampak pada waktu tunggu pasien yang akan lebih singkat lagi, Sistem Antrian Multimedia diperuntukkan bagi peserta JKN-KIS yang mendaftar langsung di rumah sakit dengan mengakses langsung ke mesin antrian.

Sedangkan Sistem Informasi Eksekutif itu merupakan  sistem yang akan menampilkan pemetaan demografi, pemanfaatan tempat tidur (Rawat Jalan & Rawat Inap), serta pendapatan Rumah Sakit.
Rilis: Humas BPJS Kesehatan Balikpapan
Editor: Ahmad yani

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Design by Free WordPress Themes | Re Design by Raditya Designer Art - Jasa Buat Website