SMKNegei 4 Balikpapan Gelar Pelatihan Teaching Factory

Selasa, 28 Agustus 2018.
BALIKPAPAN-SMK Negeri 4 Balikpapan selenggarakan pelatihanTeaching factory. Pelatihan ini adalah model pembelajaran berbasis produk (barang/jasa). Melalui sinergi sekolah dengan industri untuk menghasilkan lulusan yang kompeten sesuai dengan kebutuhan, kegiatan ini dilaksanakan, di Aula SMKN 4 Balikpapan. Selasa (28/8/18).

Seorang narasumber menyampaikan , Industri dapat meningkatkan kesiapan kerja, menyelaraskan kompetensi dan membangun berkarakter kerja lulusan SMK. Sesuai tuntutan dunia Usaha dan Industri (DUDI) melalui proses pembelajaran berbasis produk/jasa (rekayasa Perangkat Pembelajaran) yang diselenggrakan di lingkungan, suasana, tatakelola dan aturan standar DUDI atau tempat kerja/usaha sebenarnya.
Foto: Mujadi Kepsek SMAN 4 Balikpapan.(ben/jb)
Meningkatkan kesiapan kerja, menyelaraskan kompetensi dan membangun berkarakter kerja lulusan SMK sesuai tuntutan dunia Usaha dan Industri (DUDI). Melalui proses pembelajaran berbasis produk/jasa (rekayasa Perangkat Pembelajaran) yang diselenggrakan di lingkungan.

"Suasana, tatakelola dan aturan standar DUDI atau tempat kerja/usaha sebenarnya,” ungkapnya.

Kepala SMKN 4 Mujadi menambahkan, model pembelajaran teaching factory mempunyai 3 (tiga) komponen, yaitu: (i) produk sebagai media pengantar kompetensi, (ii) Job sheet yang memuat urutankerja dan penilaian sesuai dengan prosedur kerja standar industry serta (iii) pengaturan jadwal belajar yang memungkinkan terjadinya pengantaran softskill dan hardskill ke peserta didik dengan optimal.

Setiap kompetensi keahlian yang ada di SMK dapat menerapkan teaching factory melalui 3 komponen tersebut,” ungkap Mujadi.
Foto: Suasana pelatihan Teaching Factory.(ben/jb)
Sesuai dengan karakter dalam model pembelajaran teaching factory, peserta didik harus diberikan pendampingan untuk dapat belajar dan bekerja secara mandiri dan berkelompok untuk menghasilkan suatu produk (barang/jasa) berkualitas.

"Dalam jadwal belajar yang telah ditentukan, dengan menggunakan materi pembelajaran yang disusun selaras dan diintegrasikan dengan nilai – nilai industri. Akteristik dan kompleksitas masing-masing,”tandasnya.
Penulis: Benny
Editor: Ahmad Yani

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Design by Free WordPress Themes | Re Design by Raditya Designer Art - Jasa Buat Website