Polda Kaltim Siap Amankan Pemilu 2019

Jumat, 14 September 2018
BALIKPAPAN-Polda Kaltim gelar Rapat Kerja Tehnis (Rakernis), Reskrim Jajaran Polda Kaltim, di Hotel Platinum, Rabu (12/9/2018), lalu.

Rakernis dibuka Wakapolda Kaltim, Brigjen Pol. Lukman Wahyu Hariyanto, membuka Rakrenis tersebut. Ia menyampaikan, terdapat fungsi khusus reserse umum dan reserse narkoba.
Foto: Peserta Rakernis Polda Kaltim.(din/ay)
Untuk menyamakan persepsi dalam menindak lanjuti penanganan hukum, 
dalam Pemilu 2019, diperlukan profesionalisme. Agar tujuan penyidik Polri di Kaltim lebih akomodatif, solid dan profesional dalam melaksanakan penegakkan hukum.

Rakernis kali ini bertema "Jajaran Polda Kaltim yang Promoter Siap Mensukseskan Tahapan Pemilu 2019 melalui Penegakkan Hukum dan Berkeadilan."

Rakernis yang digelar merupakan instruksi Mabes Polri, yang digelar  setiap tahun.

Menurut Wakapolda, politik yang meningkat menjelang Pilpres dan Pileg 2019. Terutama, konflik yang terjadi di dunia maya.
Foto: Peserta ikuti Rakernis Polda Kaltim.(din/jb)
"Hal itulah yang jadi atensi kepolisian. Tim cyber crime memantau media masa di internet, dimana banyak berita bohong, informasi yang melecehkan antar kelompok terutama yang berkenan dengan SARA," ungkapnya.

Diskrimsus Polda Kaltim Kombes. Pol. Yustan Aspiani mengatakan, penanganan berbagai kasus juga dapatvdilakukan melalui cyber crime, patrol cyber. 

"Bila ada yang sudah menyinggung, atau kira-kira memfitnah. Masuk dalam tindak pidana harus langsung ditangani, profesional, modern dan terpercaya (promoter) akhirnya melahirkan konsep e-Penyidikan. 

"Sistem manajemen elektronik penyidikan ini giat disosialisasikan ke jajaran Polri di seluruh daerah di Indonesia, termasuk di Kaltim," kata Direktur Kriminal Khusus Polda Kaltim Kombes Pol Yustan Alpiani.

Yustan mengatakan, sistem tersebut merupakan langkah pengembangan kemampuan penyidik dalam menangani kasus hukum.

"Ini program seluruh indonesia. Seluruh wilayah. Dari Mabes Polri sampai dengan Polsek," kata Yustan juga pembicara dalan Rakernis tersebut.

Tim cyber crime terus mmelakukan pemantauan lini masa internet, dimana banyak berita bohong, informasi yang melecehkan antar kelompok terutama yang berkenaan dengan SARA. 

"Penanganan melalui cyber crime, humas dan intelijen dengan melakukan patroli cyber atau patroli dunia maya dimana dunia maya saat ini sangat mewarnai dunia nyata,” pungkas Wakapolda Kaltim.
Penulis: Abidin
Editor: Ahmad Yani

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Design by Free WordPress Themes | Re Design by Raditya Designer Art - Jasa Buat Website